Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ridwan Kamil Jadi Lawan Anies di Jakarta atau Tetap di Jawa Barat?

Status Ridwan Kamil belum jelas apakah akan bertarung di Jakarta atau Jawa Barat.
Raffi Ahmad dan Nagita Slavina bersama dengan mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat menyaksikan debat perdana cawapres, Jumat (22/12/2023)/Bisnis-Surya Dua Artha
Raffi Ahmad dan Nagita Slavina bersama dengan mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat menyaksikan debat perdana cawapres, Jumat (22/12/2023)/Bisnis-Surya Dua Artha

Bisnis.com, JAKARTA - Nama Ridwan Kamil digadang-gadang bakal menjadi lawan kuat Anies Baswedan di Pemilihan Gubernur alias Pilgub DKI Jakarta. Namun demikian, Golkar tampaknya memiliki pandangan lain, mereka masih bimbang antara menyiapkan RK untuk bertarung di Jakarta atau Jawa Barat.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia memberi kode keras koleganya Ridwan Kamil akan maju Pilgub Jabar 2024 daripada Jakarta.

Doli menjelaskan, Golkar masih memberikan dua penugasan ke Ridwan Kamil: tingkatkan elektabilitas di Jabar sekaligus Jakarta. Oleh sebab itu, belum ada kepastian di mana Ridwan Kamil akan maju sebagai calon gubernur.

Meski demikian, Doli meyakini Ridwan Kamil punya kesempatan menang lebih besar di Pilgub Jabar 2024 daripada Pilgub Jakarta 2024 menurut survei internal Golkar.

"Ridwan Kamil ini di Jawa Barat sudah teruji. Pertama, approval rating-nya [kepuasan warga atas kinerjanya] cukup tinggi sekali dan elektabilitasnya tidak ada yang menandingi, jauh sekali di atas nama-nama yang lain," kata Doli di Kompleks Widya Chandra, Jakarta Selatan, Rabu (19/6/2024).

Oleh sebab itu, dia meyakini warga Jabar masih menginginkan Ridwan Kamil memimpin satu periode lagi. Tak hanya itu, lanjutnya, Ridwan Kamil masih janji hingga program yang mungkin belum tuntas.

Pendapat Gerindra 

Sementara itu, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Habiburokhman menjelaskan, Ridwan Kamil punya peluang besar memenangkan Pilgub Jakarta 2024 karena merupakan sosok baru. Menurutnya, warga Jakarta lebih kritis kepada pemimpin petahana seperti Anies Baswedan.

Dia mengakui survei belakangan ini masih menunjukkan elektabilitas Anies lebih tinggi daripada Ridwan Kamil. Meski demikian, Habiburokhman menilai sejarah kerap menunjukkan gubernur petahana kalah dalam ajang Pilgub Jakarta.

"Ingat saja surveinya Pak Foke waktu itu kurang bagus apa? Surveinya Pak Ahok, bagus sekali ya kan? Ketika pelaksanaan, beda, karena masyarakat DKI ini masyarakat yang kritis. Mereka punya hitung-hitungan sendiri, terutama mereka ini kritis terhadap orang yang merupakan inkumben," katanya.

Wakil ketua Komisi III DPR ini meyakini sosok Ridwan Kamil akan diterima warga Jakarta. Apalagi, menurutnya, permasalahan di Jakarta mirip dengan yang ada di Bandung.

Habiburokhman mengingatkan, Ridwan Kamil sudah menjadi wali kota Bandung selama dua periode. Oleh sebab itu, dia menegaskan Gerindra siap memberikan surat penugasan ke Ridwan Kamil untuk maju Pilgub Jakarta 2024 daripada Jabar.

"Jadi itulah masyarakat Jakarta. Menurut saya, Ridwan Kamil ini kansnya besar kalau di DKI Jakarta," jelasnya.

Gandeng Kaesang 

Sementara itu, Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting, Pangi Syarwi Chaniago mengatakan peluang tersebut adalah menggandeng Kaesang Pangarep-Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) untuk menjadi bakal Wakil Gubernur DKI Jakarta.

"Ridwan Kamil akan berpeluang besar untuk lolos Pilkada DKI Jakarta jika menggandeng Kaesang sebagai wakilnya nanti," tuturnya kepada Bisnis di Jakarta, Rabu (19/6/2024).

Pria yang akrab disapa Ipang itu menilai jika Ridwan Kamil ditandingkan dengan Anies Baswedan di Jakarta, tentu Anies yang akan lolos sebagai pemenangnya karena Anies sudah paham peta politik di wilayah DKI Jakarta.

"Ridwan Kamil ini masih belum paham soal peta politik di wilayah DKI Jakarta," kata Ipang.

Namun, menurut Ipang hal tersebut tidak akan menjadi masalah jika Ridwan Kamil menggandeng Kaesang Pangerep untuk maju sebagai calon gubernur dan calon wakil gubernur DKI Jakarta.

"Jadi memang ada tanda-tanda Partai Gerindra dan Partai Golkar mengusung Ridwan Kamil dan Kaesang. Lalu PKB juga mau mengusung Anies-Kaesang, lalu ada juga nama-nama yang diusung PKS dan PDI-P," ujarnya.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Edi Suwiknyo
Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper