Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

JOKOWI: Bebas kendaraan malam tahun baru, siapa dirugikan?

JAKARTA—Pemprov DKI memastikan bebas kendaraan pada malam pergantian tahun 31 Desember 2012 tetap diterapkan dan kini terus dilakukan koordinasi dengan berbagai pihak.
News Editor
News Editor - Bisnis.com 21 Desember 2012  |  15:16 WIB

JAKARTA—Pemprov DKI memastikan bebas kendaraan pada malam pergantian tahun 31 Desember 2012 tetap diterapkan dan kini terus dilakukan koordinasi dengan berbagai pihak.

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menyatakan siap mengajak berbagai pihak termasuk hotel dan tempat hiburan yang berada di sepanjang kawasan untuk turut berpartisipasi, meski memunculkan kekhawatiran turunnya omset dengan penerapan kebijakan tersebut.

“Soal keberatan dari pengusaha hotel dan tempat hiburan, saya belum dengar. Tapi kan dalam acara mereka bisa berpartisipasi. Wong cuma dari pukul 21.00 WIB sampai 02.00 pagi, masa rugi besar?” tuturnya di Balai Kota, Jakarta, Jumat (21/12/2012).

Senada dengan yang disampaikan Jokowi, Wakil Gubernur DKI Basuki T. Purnama mengungkapkan dengan penerapan car free night di sepanjang jalur Sudirman-Thamrin-Medan Merdeka Barat, akan memberikan keleluasaan dan kemudahan bagi masyarakat untuk menikmati malam tahun baru.

“Penghuni hotel juga bisa menikmati hiburan di luar. Banyak acara, jadi bisa bergabung. Akan kami libatkan dalam kegiatan tersebut,” tuturnya.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Arie Budhiman mengaku telah melakukan pembicaraan kepada 11 hotel yang terletak di sepanjang jalur tersebut. Seluruh hotel setuju dan mendukung kegiatan car free night  tersebut.

“Hotel tidak masalah kalau ada penutupan jalur. Mereka hanya meminta waktu pelaksanaannya dipastikan dimulai malam hari dan pengumuman yang lebih luas, untuk memastikan seluruh karyawan hotel tidak kesulitan mencari kendaraan,” tutur Arie.

Lagi pula, ujarnya, sebagian besar kamar hotel sudah direservasi sampai saat ini, dan tidak akan mempengaruhi jumlah pendapatan mereka. Hal tersebut juga berlaku untuk berbagai pusat perbelanjaan lainnya.(msb)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Fatia Qanitat & Emanuel Tome Hayon

Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top