Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BAWANG MERAH Picu Inflasi DKI Jakarta 0,42 %

BISNIS.COM,JAKARTA-- Kelangkaan bawang merah memicu inflasi DKI Jakarta Maret  mencapai 0,42%. Kepala Badan Pusat Statistik Nyoto Widodo mengatakan,  beberapa bahan komoditi masih memberikan sumbangan terbesar bagi nilai inflasi DKI Jakarta.
Emanuel Tome Hayon
Emanuel Tome Hayon - Bisnis.com 01 April 2013  |  16:22 WIB

BISNIS.COM,JAKARTA-- Kelangkaan bawang merah memicu inflasi DKI Jakarta Maret  mencapai 0,42%.

Kepala Badan Pusat Statistik Nyoto Widodo mengatakan,  beberapa bahan komoditi masih memberikan sumbangan terbesar bagi nilai inflasi DKI Jakarta.

Menurut Nyoto beberapa komoditas yang memberikan sumbangan inflasi cukup besar antara lain bawang merah (0,3431%), bawang putih (0,1474%),cabe rawit (0,0104%), dan jagung manis (0,0055%). Sementara itu kelompok lain yang menyumbang inflasi yakni kelompok transport, komunikasi dan jasa keuangan serta kelompok perumahan dan listrik.

"Kelangkaan bawang merah beberapa pekan lalu memang menjadikan tingkat inflasi kita bertambah," ujar Nyoto di Kantor BPS, Senin (1/4).

Nyoto mengatakan, untuk menurunkan angka inflasi tersebut kebijakan pemerintah terkait kebutuhan komoditas (bawang) harus disikapi dengan kebijakan yang memberi solusi.

Kepala BPS  Bidang Statistik Distribusi  DKI Dody Rudyanto mengatakan, meskipun inflasi bulan maret 2013  DKI lebih kecil dari inflasi nasional tetapi jika dibandingkan secara year on year terhadap  inflasi bulan maret 2013 DKI Jakarta lebih tinggi dibandingkan maret 2013 yang hanya tercatat 0,18%.

Dody mengatakan laju kumulatif inflasi 2013 bisa ditargetkan mencapai 1,96%, sedangkan laju inflasi tahun ke tahun DKI Jakarta mencapai 5,70%.

"Semoga fluktuasi harga barang dan bahan makanan bisa lebih stabil dalam tahun ini sehingga tidak berpotensi menambah laju inflasi," ujar Dodi kepada Bisnis.

Dody mengatakan, ada salah satu kelompok yang justru mengalami penurunan indeks atau deflasi. Menurutnya kelompok yang mengalami penurunan masih pada sisi sandang yakni bawang merah. Oleh karena itu Dodi berharap agar setiap ketersediaan di lapangan harus secepatnya dipenuhi pemerintah.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

dki Inflasi bawang petani
Editor : Others
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top