Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

AHOK: DKI Cari Bus Berkualitas & Tahan Lama

BISNIS.COM, JAKARTA -- Pemprov DKI Jakarta sedang mencari bus yang memenuhi kualitas untuk menambah jumlah armada. Pemerintah menginginkan bus yang mempunyai kualitas bagus dan berumur panjang lebih dari 20 tahun ketas.Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki

BISNIS.COM, JAKARTA -- Pemprov DKI Jakarta sedang mencari bus yang memenuhi kualitas untuk menambah jumlah armada. Pemerintah menginginkan bus yang mempunyai kualitas bagus dan berumur panjang lebih dari 20 tahun ketas.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki 'Ahok' Tjahaja Purnama mengatakan Pemprov membutuhkan banyak bus yang bisa di atas 20 tahun ke atas seperti Singapura. Menurutnya saat ini kebanyakan bus di Jakarta hanya berumur 9 tahun.

"Singapura masih punya bus yang berumur 20 tahun keatas dan masih bisa dijual ke Afrika. Saat ini Jakarta punya bus baru 9 tahun saja udah rusak," ujar Ahok di Balai Kota, Senin (17/6).

Mantan Bupati Belitung Timur ini juga menyayangkan belum bisa membeli bus secara langsung karena katalog elektronik (e-katalog) dari agen tunggal pemegang merek (ATPM) belum tersedia di lembaga kebijakan pengadaan barang jasa pemerintah (LKPP).

Ahok mengaku telah meminta kepada para ATPM untuk memasukan katalog ke LKPP agar pembelian bus tidak perlu lagi menggunakan sistem tender. Dengan catatan harga yang dipatok lebih murah dari harga pasaran.

Sementara itu Pemprov DKI mendapat tawaran dari Provinsi Silesia di Polandia yang menawarkan produk bus dan truk. Mereka mengklaim mempunyai perusahaan bus dan truk yang dipakai di negara-negara Skandinavia dan Jerman.

Konsultan Politik untuk Kedutaan Besar Polandia Maciej Duszynski memaparkan kedatanganya bertemu dengan Ahok untuk menawarkan pengalaman transportasi publik, manajemen limbah dan administrasi kota.

Maciej mengatakan dulu di Silesia juga mempunyai masalah dengan banjir namun kini sudah bisa ditangani. Begitu juga dengan taman, halte, parkir dan kereta sebagai solusi untuk kemacetan.

Sebelumnya Kepala Dinas Perhubungan DKI Udar Pristono menjelaskan bahwa rencana penambahan bus sedang direncakanan pada akhir tahun akan terealisasi. Saat ini pengadaan bus masih dalam proses lelang karena perencanaan yang dilakukan melibatkan seluruh instansi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper