Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jokowi Ancam Pecat Jajaran Sudin PTSP Jaktim, Ada Apa ya?

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengancam akan memecat jajaran petugas suku dinas (sudin) pelayanan terpadu satu pintu (PTSP) di kantor Walikota Jakarta Timur
jibiphoto
jibiphoto

Bisnis.com, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengancam akan memecat jajaran petugas suku dinas (sudin) pelayanan terpadu satu pintu (PTSP) di kantor Walikota Jakarta Timur.

Pasalnya, pria yang akrab disapa Jokowi ini geram dengan lambatnya pengurusan izin usaha, seperti surat izin usaha perdagangan (SIUP), tanda daftar perusahaan (TDP), dan surat izin kerja (SIK) di PTSP Jakarta Timur.

“Yang problem [bermasalah] itu di sudin-sudinnya. Mau saya ganti semuanya kalau kayak begitu. Tadi saya tanya, pemohon SIK bisa dua minggu [pengurusannya],” ujarnya di Balai Kota, Jumat (18/10/2013).

Dia mengatakan kinerja aparatur PTSP yang lambat menyebabkan masyarakat memanfaatkan jasa calo dalam mengurus izin usahanya. Padahal, lanjutnya, dirinya ingin menghilangkan praktik percaloan izin usaha.

Kenapa [masyarakat] pada pakai biro jasa? pakai calo? Karena [pengurusan izin] terlalu lama. [dengan pengurusan izin yang cepat] Seharusnya hilang dong [praktik percaloan], pasti itu,” tegasnya.

Seperti diketahui, saat Jokowi melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke PTSP kantor Walikota Jakarta Timur pada Jumat (18/10/2013) siang, Kepala Sudin Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan (KUKMP) Jakarta Timur Johan Afandi tidak berada di mejanya.

Tidak hanya Kasudin, para stafnya juga banyak yang tidak hadir di tempat pada saat itu dan hanya terlihat sekitar enam atau tujuh orang aparatur yang berada di ruangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hedwi Prihatmoko
Editor : Nurbaiti

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper