Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Forum Buruh DKI Tetap Tuntut UMP Rp3,7 Juta

Forum Buruh DKI menuntut dipertemukan dengan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo untuk menaikkan upah minimum provinsi (UMP) 2014 menjadi Rp3,7 juta.

Bisnis.com, JAKARTA - Forum Buruh DKI menuntut dipertemukan dengan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo untuk menaikkan upah minimum provinsi (UMP) 2014 menjadi Rp3,7 juta.

Perwakilan Forum Buruh DKI dari Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) 92 Thomas mengatakan para demonstran akan menginap di Balai Kota jika serikat pekerja tidak bisa dipertemukan dengan gubernur pada hari ini.

"Kami tidak pernah dipertemukan dengan Pak Jokowi. Kalau Pak Jokowi tidak bisa menemui kami, maka kami akan menginap di Balai Kota," katanya saat berorasi di depan Balai Kota, Selasa (29/10/2013).

Dia mengatakan Forum Buruh DKI akan mendatangkan massa lebih banyak dengan mengundang serikat pekerja dari wilayah Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Bodetabek). Selain itu, Forum Buruh DKI juga siap melakukan mogok nasional pada 31 Oktober dan 1 November jika tuntutannya tidak diindahkan.

Unjuk rasa Forum Buruh DKI sudah berlangsung sejak pukul 10.30 WIB. Kendati turun hujan sekitar pukul 12.00, pengunjuk rasa tetap tidak bergeming dan melanjutkan orasinya.

Dalam demonstrasi kali ini, para buruh juga kembali mengungkit pernyataan Wakil Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama soal upah yang pantas untuk wilayah DKI sekitar Rp4 juta.

Pengunjuk rasa juga menolak angka kebutuhan hidup layak (KHL) DKI yang ditetapkan sebesar Rp2.299.860. Para buruh masih berpegang pada tuntutan angka KHL sebesar Rp2.767.320. Tuntutan lainnya adalah peningkatan jumlah komponen KHL menjadi 84 item dari saat ini berjumlah 60 item.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hedwi Prihatmoko
Editor : Nurbaiti
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper