Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ingin Kenal Kerajaan Nusantara & Dunia? Kunjungi Monas 5-8 Desember

165 keraton se-nusantara ditambah perwakilan kerajaan dari 11 negara akan memeriahkan Festival Keraton Sedunia yang berlangsung di kawasan Monas, 5 - 8 Desember 2013.
Rustam Agus
Rustam Agus - Bisnis.com 03 Desember 2013  |  14:49 WIB

Bisnis.com, JAKARTA--Sedikitnya 165 keraton se-nusantara ditambah perwakilan kerajaan dari 11 negara akan memeriahkan Festival Keraton Sedunia yang berlangsung di kawasan Monas, 5 - 8 Desember 2013.

Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat meningkatkan lebih banyak kunjungan wisatawan baik lokal maupun mancanegara ke ibu kota.

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengatakan perlunya membangun brand Jakarta.

"Kita ingin selenggarakan even-even yang berbeda, ada diferensiasinya sehingga menarik wisatawan mancanegara mengunjungi Jakarta," ujarnya seperti dikutip situs Pemprov DKI Jakarta, Selasa (3/12/2013).

Dalam acara yang baru kali pertama digelar ini, 165 peserta dari dalam negeri seperti, kerjaan, kasunanan, kasultanan, penglisir, saoraja, pura, dan pemangku adat akan memeriahkan perhelatan ini.

Selain itu, peserta dari luar negeri yang berasal dari 11 negara seperti, Malaysia, Singapura, Philipina, Norwegia, Swedia, Jepang, Brunei Darussalam, United Kingdom, Portugal, Afrika Selatan, dan Denmark siap mengirimkan perwakilannya.

Menurut Jokowi, acara seperti ini belum pernah diadakan di dunia sehingga diharapkan bisa diselenggarakan secara rutin di Jakarta.

"Ini di dunia belum pernah ada. Keraton-keraton dikumpulin. Kita lihat akan seperti apa. Apakah brand kotanya akan terangkat atau tidak. Saya yakini ini akan jadi agenda rutin."

Namun, lanjut Jokowi, tidak tahunan. Mungkin dua tahunan dengan tema berbeda-beda tentunya," katanya.

Rangkaian acara yang dijadwalkan diantaranya yakni seminar, pameran keraton, pagelaran budaya, kirab budaya, festival kuliner, serta gala dinner.

Untuk pembukaan, akan diadakan di Hotel Borobudur pada 5 Desember pukul 08.00.

Dalam seminar yang diadakan akan merumuskan suatu deklarasi sebagai rekomendasi bagi pemerintah terkait dengan upaya perdamaian dunia melalui pendekatan kebudayaan.

Sementara untuk pameran, pada  6-7 Desember di Plaza Monas sisi barat, selatan, dan timur. Khusus pameran benda-benda kerajaan dan pusaka akan dipamerkan di ruang diorama Tugu Monas.

Yang menarik, adalah workshop pembuatan keris yang telah diakui Unesco sebagai warisan budaya dunia dari Indonesia.

Juga akan dipamerkan rangkaian upaya ritual yang sudah menjadi tradisi. Selain keris juga akan diperagakan proses pembuatan gamelan, batik, dan jamu tradisional.

Untuk kirab budaya akan diadakan di sekitar Monas yang diikuti 30 kereta kencana dan dokar.

Selain itu, sebanyak 500 peserta akan berjalan kaki yang terdiri dari pasukan kerajaan dan atraksi seni budaya nusantara.

Bahkan para peserta raja dan permaisuri akan menggunakan baju kebesarannya masing-masing dan mengikuti kirab tersebut.  (ra)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi kerajaan
Editor : Rustam Agus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top