Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jangan Hanya Kopassus, Brimob Juga Bisa Bersihkan Kali Ciliwung

Kepala Korps Brimob Polri Irjen M Rum Murkal meminta Gubernur DKI Joko Widodo untuk melibatkan pasukannya dalam kegiatan sosial seperti bersih kali Ciliwung yang yang selama ini dilakukan pemprov bersama satuan Kopassus.

Bisnis.com, JAKARTA - Kepala Korps Brimob Polri Irjen M. Rum Murkal meminta Gubernur DKI Joko Widodo untuk melibatkan pasukannya dalam kegiatan sosial, seperti bersih kali Ciliwung yang yang selama ini dilakukan pemprov bersama satuan Kopassus.

Hal itu disampaikan oleh Rum kepada Jokowi saat menerima kunjungan silaturahmi Gubernur dan jajaran Pemprov DKI di Markas Brimob Kelapa Dua Depok Jawa Barat, Selasa (17/12).

"Kalau bapak bersih-bersih kali Ciliwung kita juga diajak, jangan baret merah saja," katanya.

Selama ini Brimob telah bekerja sama untuk pengamanan huru-hara karena Balai Kota DKI rutin menjadi sasaran demonstrasi. Selain itu, berpartisipasi dalam penanganan bencana banjir awal tahun ini yang melumpuhkan sebagian besar Jakarta.

Rum menambahkan Brimob baru saja membuat danau dan hutan buatan sebagai tempat resapan air untuk mengurangi banjir di Jakarta. Jokowi diberikan kesempatan untuk menanam pohon pertama jenis trembesi di sekitar waduk yang berada di tengah komplek tersebut.

Brimob juga menyediakan 5 unit mobil baru yang bisa membantu untuk mengevakuasi korban banjir yang akan datang pada Januari tahun depan. "Kita siap back up pemerintah daerah dan kami telah menyediakan perahu karet untuk diterjunkan saat banjir," katanya.

Gubernur Joko Widodo yang didampingi istri Iriana Jokowi mendapat kesempatan berkeliling komplek untuk melihat peralatan pasukan Brimob mulai dari Gegana, Densus 88 sampai dengan mobil penghalau demonstrasi. Menggunakan mobil golf, Jokowi duduk jejer dengan rum yang mengemudikan mobil bertenaga listrik tersebut.

"Saya tadi waktu diajak keliling kagum melihat seluruh kekuatan yang ada baik peralatan, personel, latihan dan saya kira ini sebuah kekuatan yang betul-betul dimiliki negara," ujar Jokowi.

Dia juga memohon langsung kepada Rum ketika ada bencana banjir datang bisa dikerahkan personel untuk membantu. Selain itu meminta bantuan pengamanan Pemilu tahun depan karena Jakarta menjadi pusat pemerintahan yang bisa memberikan pengamanan.

"Tahun depan pemilu semoga tidak panas, kami mendahului lebih dulu untuk suatu bantuan. Kalau di lapangan sekarang adem ayem tapi kali ini kami hadir di sini ingin menjalin komunikasi lebih dekat lagi."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akhirul Anwar
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper