Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Guru tak Bawa Kendaraan, Bensin Bisa Hemat 38.000 Liter

Pro dan kontra instruksi Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mewarnai hari pertama larangan pegawai Pemprov DKI Jakarta menggunakan kendaraan pribadi.
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA - Pro dan kontra instruksi Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mewarnai hari pertama larangan pegawai Pemprov DKI Jakarta menggunakan kendaraan pribadi.

Bagi Kepala Dinas Pendidikan Taufik Yudi Mulyanto sudah biasa gowes setiap Jumat bersama Kepala Bidang dari rumahnya Cibubur ke kantornya di Jl Gatot Soebroto Kuningan Jakarta Selatan.

Dia juga memerintahkan Kepala Sekolah dan Guru agar tidak membawa kendaraan bermotor ke sekolah tiap Jumat pertama. Jika semua guru ikut gowes setiap Jumat bisa menghemat bensin 38.000 liter dengan asumsi setiap guru menghabiskan satu liter bensin.

"Jumlah guru di Jakarta 38.000, kalau menghabiskan satu liter bensin sehari sudah bisa dihitung penghematannya," katanya saat menghadiri pengarahan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Balaikota DKI Jakarta, Jumat (3/1/2013).

Transportasi umum atau sepeda menjadi pilihan para aparat pendidikan, dan pengawasannya dilakukan oleh pribadi masing masing karena jajaran Dinas Pendidikan tidak sanggup mengawasi satu per satu para kepala sekolah dan guru.

Jika dibandingkan kendaraan pribadi, naik sepeda lebih cepat sampai kantor karena dalam keadaan biasa bisa ditempuh 50 menit. Jika dibandingkan naik mobil mencapai 1 jam 15 menit. "Naik sepeda lebih cepat dan sehat," ujarnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akhirul Anwar
Editor : Ismail Fahmi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper