Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Udar Legowo, Unu Tidak Tahu, Taufik Hadiah Terindah

Gubernur DKI Joko Widodo mencopot jabatan tujuh kepala dinas di DKI dan menempatkannya dalam Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP).
Gubernur DKI Joko Widodo/Bisnis.com
Gubernur DKI Joko Widodo/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Gubernur DKI Joko Widodo mencopot jabatan tujuh kepala dinas di DKI dan menempatkannya dalam Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP).

Tiga dari tujuh pejabat yang dicopot dari posisi kepala dinas dan ditempatkan ke TGUPP itu adalah Udar Pristono (sebelumnya Kepala Dinas Perhubungan), Unu Nurdin (sebelumnya Kepala Dinas Kebersihan), dan Taufik Yudi Mulyanto (sebelumnya Kepala Dinas Pendidikan).

Menanggapi pencopotan jabatan ini, Udar Pristono menyampaikan dirinya legowo dengan keputusan Gubernur DKI Joko 'Jokowi' Widodo. "Oh... iya, saya legowo. Kami PNS [pegawai negeri sipil] itu biasa sama mutasi. Insya Allah, apa yang ditugaskan oleh gubernur, saya siap,” ujarnya di Balai Kota, Rabu (12/2/2014).

Saat ditanya apakah pencopotannya terkait kasus pengadaan bus Transjakarta dan bus kota terintegrasi busway (BKTB), Udar tidak memberikan jawaban yang jelas. "Sebagai staf Pak Gubernur dan Pak Wagub, saya siap diperintah dan ditugaskan di manapun," katanya.

Lain lagi dengan jawaban Unu Nurdin. Dia mengaku dirinya tidak tahu apa tugas pokok dan fungsinya ketika harus menempati posisi barunya sebagai anggota TGUPP. "Ruangannya saja saya belum tahu di mana. Struktur organisasinya juga belum tahu, uraian tugas belum tahu. Jadi saya belum bisa membuat perencanaan apa-apa," akunya.

Kendati melangkah tanpa gambaran, dia memastikan dirinya siap untuk menerima setiap tugas baru yang diamanahkan padanya.

Sementara itu, Taufik Yudi Mulyanto mengaku penempatannya di posisi yang baru sebagai anggota TGUPP ini merupakan hadiah terindah di ulang tahun pernikahannya.

"Tadi malam saat istri saya tidur, saya bangunkan dan bilang kalau besok [hari ini] ada hadiah terindah buat ulang tahun pernikahan," ujarnya.

Taufik mengaku dirinya baru diberitahu oleh Kepala Badan Kepegawaian Daerah DKI I Made Karmayoga pada Selasa (11/2/2014) malam, seusai dirinya bermain badminton di daerah Kuningan, Jakarta Selatan. Bahkan, lanjutnya, dirinya baru mengetahui posisi barunya sebagai anggota TGUPP ketika acara pelantikan hari ini.

Selain ketiga nama yang sudah disebutkan sebelumnya, lima anggota TGUPP yang dilantik juga adalah Kian Kelana (mantan Kepala Dinas Sosial), Sugiyanta (mantan Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, dan Kehumasan), Ipih Ruyani (mantan Kepala Dinas Kelautan dan Pertanian), dan Zainal Musappa (mantan Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik). (Hedwi Prihatmoko/Yanita Petriella)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hedwi Prihatmoko

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper