Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

5 Unit Bus Tingkat Pariwisata Mobil Baru

Kepala Dinas Pariwisata DKI Jakarta Arie Budiman memastikan lima unit armada bus tingkat pariwisata yang diimpor dari China merk Wechai dalam kondisi baru.
Akhirul Anwar
Akhirul Anwar - Bisnis.com 18 Februari 2014  |  20:36 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Kepala Dinas Pariwisata DKI Jakarta Arie Budiman memastikan lima unit armada bus tingkat pariwisata yang diimpor dari China merk Wechai dalam kondisi baru.

Pernyataan tersebut menjawab kecurigaan Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki 'Ahok' Tjahaja Purnama yang meragukan kualitas bus Wechai. Mesk tersebut masih asing di telinga Ahok sehingga muncul dugaan kualitas bus meragukan.

"Pak Wagub memang ekspresinya gitu, gayanya meledak-ledak. Saya nanggapinya begitu saja, memang begitu pak Ahok memberikan arahan kepada anak buahnya," kata Arie disela-sela uji coba bus tingkat wisata di Jakarta, Selasa (18/2/2014).

Soal kualitas, lanjutnya, perlu dibuktikan dalam beberapa waktu tertentu agar bisa dilihat bus tersebut layak atau tidak. Harga bus ini Rp3 miliar per unit atau lebih murah dibandingkan bus Transjakarta gandeng yang mencapai Rp3,7 miliar per unit.

Bicara lelang bus di Pemprov DKI Jakarta tengah menjadi pembahasan yang sensitif menyusul lelang bus Transjakarta gandeng dan BKTB yang diterjang isu dugaan bus bekas lantaran sebagian unit telah karatan. Arie tidak ingin bus wisata disamakan dengan bus Transjakarta maupun BKTB.

Menurutnya, baik buruknya bus adalah perawatan secara berkala. Dinas Pariwisata tahun ini menganggarkan Rp4,5 miliar untuk operasional seperti pembelian solar, gaji sopir dan awak bus pariwisata, seta perawatan bus.

Untuk bus tingkat wisata ini, Pemprov merekrut sopir wanita sebanyak 12 orang dengan gaji tiga kali lipat Upah Minimum Provinsi DKI Jakarta atau sekitar Rp7 juta per bulan.  

"Sopir perempuan semua ada 12, mereka harus tampil beda untuk mengutamakan hospitality. Kita harapkan sopir wanita lebih hati-hati membawa bus,  dan itu pak Gubernur sudah setuju," ujar Arie.  

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pariwisata jakarta
Editor : Martin Sihombing
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top