Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cegah Banjir, DKI Bangun Tanggul di Sepanjang Pinggir Sungai

Selain pembangunan proyek Jakarta Emergency Dregding Inisiative (JEDI) untuk penanggulangan banjir, Pemprov DKI tahun ini akan membangun sheet pile (tanggul) di sepanjang pinggir sungai.

Bisnis.com, JAKARTA -  Selain pembangunan proyek Jakarta Emergency Dregding Inisiative (JEDI) untuk penanggulangan banjir, Pemprov DKI Jakarta tahun ini akan membangun sheet pile (tanggul) di sepanjang pinggir sungai.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengatakan DKI bersama pemerintah pusat akan membangun sheet pile yang bekerja sama dengan kementerian pekerjaan umum.

"Segera, langsung itu. Kita akan kerja sama baik dengan Kementerian Pekerjaa Umum. Mana anggarannya dari pusat dan kita. Kita kerjakan, jadi semua cepat banget," katanya di Hotel Mulia Jakarta, Rabu (30/4/2014).

Namun, Pemprov akan melakukan pembebasan lahan di bantaran sungai yang digunakan sebagai pemukiman ilegal. Banyak rumah, lanjut Ahok, yang hanya memiliki lebar 4 meter pada bagian hilir, padahal seharusnya lebar sungai tersebut lebih 10 meter.

Mantan Bupati Belitung Timur ini meminta Dinas Pekerjaan Umum untuk segera melaporkan ke pihak berwajib untuk ditindak secara pidana. Saat ini masih terdapat 17 rumah yang meminta waktu untuk tidak dibongkar dahulu.

"Saya kaget rumahnya beton bagus-bagus di pinggir sungai, tetap kita bongkar. Kita ajari PU, laporkan saja dia penyerobotan tanah. Kan sudah kita bebasin, lalu ditempati, laporin saja ke polisi, kita bisa tindak pidana. Akhirnya mereka bongkar sendiri karena takut," katanya.

Selain pembangunan sheet pile, akan diperbanyak pompa air di daerah Jakarta Utara untuk menanggulangi terjadinya banjir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yanita Petriella
Editor :

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper