Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

DKI Luncurkan Kontainer Perpustakaan Keliling

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta meluncurkan perpustakaan keliling berbentuk truk kontainer yang disebut Perpustakaan Masyarakat Jakarta (Permata) bagi warga di tingkat kelurahan dan kecamatan.
Pemprov  DKI Jakarta meluncurkan perpustakaan keliling berbentuk truk kontainer yang disebut Perpustakaan Masyarakat Jakarta (Permata)
Pemprov DKI Jakarta meluncurkan perpustakaan keliling berbentuk truk kontainer yang disebut Perpustakaan Masyarakat Jakarta (Permata)

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta meluncurkan  Kontainer Perpustakaan Keliling  yang disebut Perpustakaan Masyarakat Jakarta (Permata) bagi warga di tingkat kelurahan dan kecamatan.

Permata ini seperti mobil perpustakaan keliling pada umumnya tapi ukurannya lebih besar dan koleksi bukunya lengkap, ruangannya ber-AC sehingga masyarakat bisa membaca buku di dalam truk itu. Bagi yang ingin diluar ruangan disediakan tenda dan kursi.

Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) DKI Jakarta Agus Suradika mengatakan kelengkapan sarana layanan mobil perpustakaan didukung oleh sumber daya manusia yang cukup memadai sehingga tidak hanya sekedar menunggu perpustakaan saja tapi memahami kebutuhan setiap usia.

"Perpustakaan berjalan ini juga dilengkapi teknologi informasi akses wifi, layar informasi dan publikasi perpustakaan menggunakan light electronic digital (LED)," katanya saat meluncurkan Permata di kawasan Kota Tua Jakarta Barat, Jumat (2/5/2014).

Adapun jumlah Permata untuk saat ini tersedia 6 unit dengan harapan bisa memberikan pelayanan warga Jakarta secara merata. Untuk sirkulasi peminjaman dan pengembalian buku, BPAD menggunakan teknologi sistem radio frequency identification (RFId).

Pengamat pendidikan Darmaningtyas mengatakan keberadaan perpustakaan memang menjadi tanggung jawab semua orang. Tetapi khusus untuk sekolah seharusnya disediakan oleh Dinas Pendidikan sebagai institusi yang berkaitan erat dengan dunia pendidikan.

Menurutnya, sekarang ada pergeseran pengelolaan perpustakaan yang disebabkan pengelolaannya asal-asalan seperti katalog bukunya tidak update. Perpustakaan, kata Darmaningtyas, menjadi sarana vital dalam pendidikan guna menunjang keberhasilan siswa sehingga tidak hanya sebagai ruang buku dan membaca saja tapi perlu membangun karakter anak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akhirul Anwar
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper