Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemprov DKI Lanjutkan Program Bus Tingkat Gratis

Pemprov DKI Jakarta akan lanjutkan program bus tingkat gratis. Hal ini dilakukan untuk mengakomodasi tingginya minat masyarakat menggunakan bus tingkat, meski jumlahnya masih belum seimbang.
/Beritajakarta
/Beritajakarta

Bisnis.com, JAKARTA--Pemprov DKI Jakarta akan lanjutkan program bus tingkat gratis. Hal ini dilakukan untuk mengakomodasi tingginya minat masyarakat menggunakan bus tingkat, meski jumlahnya masih belum seimbang.

"Tahun ini gratis. Kalau kita usulkan untuk APBD 2015 disubsidi, berarti gratis. Sarannya ya gratis terus. Memang kalau kita lihat grafiknya itu mbludak kalau di hari libur," ujar Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta Arie Budhiman kepada Bisnis di Monas, Kamis (15/5/2014).

Menurutnya, hingga kini program ini berjalan lancar. Meskipun jumlah sarana dan penumpang belum seimbang. "Alhamdulillah bus berjalan baik dan lancar. Memang enggak seimbang sisi sediaan dengan orang yang akan naik," katanya.

Lebih lanjut, dia mengatakan ada sekitar 3.000 penumpang yang berkeliling Ibu Kota menggunakan bus tingkat di hari biasa. Jumlah itu melonjak menjadi 6.000 penumpang di hari libur. "Cukup banyaklah. Sehari bisa 3.000 [penumpang]. Hari libur bisa sampai 6.000an," tuturnya.

Dia menambahkan idealnya paling tidak terdapat 10 sampai 15 unit bis dalam satu rute. Ini diharapkan dapat memenuhi keinginan penumpang. "Kalau bus ditambah, untuk mencukupi rute yg ada. Relatif ideal di rute ini 10-15 bus," pungkasnya.

Seperti diketahui, saat ini Pemprov DKI baru memiliki lima unit bus tingkat yang lebih dikenal dengan nama City Tour. Jumlah ini baru dapat melintasi satu rute yaitu relasi Bundaran HI - Pasar Baru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor :

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper