Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

JOKOWI: Indonesia Negeri Maritim, Tol Laut Harus Dibangun

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengemukakan usul di hadapan Menko Perekonomian, Menteri Perhubungan, Menteri Perdagangan, Menteri Keuangan, Menteri Dalam Negeri, serta ratusan pemimpin daerah agar infrastuktur laut lebih diperhatikan oleh pemerintah.
Capres PDIP Joko Widodo (kedua kanan)/JIBI
Capres PDIP Joko Widodo (kedua kanan)/JIBI

Bisnis.com, JAKARTA -- Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengemukakan usul di hadapan Menko Perekonomian, Menteri Perhubungan, Menteri Perdagangan, Menteri Keuangan, Menteri Dalam Negeri, serta ratusan pemimpin daerah agar infrastuktur laut lebih diperhatikan oleh pemerintah .

Menurutnya, pembangunan infrastruktur laut dapat dilakukan salah satunya dengan pembangunan tol laut.

"Indonesia itu negara maritim, mestinya ada tol laut yang menghubungkan Pulau Sumatra, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua," ucap gubernur yang akrab disapa Jokowi ini dalam dalam Rapat Koordinasi Nasional V Tim Pengendali Inflasi Daerah 2014 di Hotel Grand Sahid, Jakarta Pusat, Rabu (21/5/2014).

Gubernur yang juga mencalonkan sebagai presiden 2014-2019 tersebut juga menyebutkan, tol laut harus dibangun agar biaya kirim barang menjadi murah.

Selain itu, apabila tol laut dan deep seaport (pelabuhan dalam) telah dibangun, diharapkan setiap hari ada kapal besar yang melewati pulau-pulau kecil yang berpotensi.

Jokowi juga menambahkan, dirinya yakin harga barang di seluruh pulau-pulau Indonesia akan merata dengan adanya tol laut.

"Tiap hari kapal besar harus ada yang lewat. Dengan adanya kapal besar, kapasitas angkut barang jadi lebih murah, sekali kirim bisa banyak barang yang diangkut. Saya yakin harga semen yang di Jawa Rp50.000 dan di Papua Rp1 juta dapat berubah dan sama merata di semua pulau," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper