Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

AIRIN DAN TRI RISMAHARINI Jalin Kerjasama. Ini Hasilnya

Wali Kota Tangsel Airin Rachmi Diany dan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini bertemu untuk menandatangani nota kesepahaman kerja sama.
Airin Rachmi Diany (kiri), Tri Rismaharini (kanan) /Antara
Airin Rachmi Diany (kiri), Tri Rismaharini (kanan) /Antara

Bisnis.com, TANGSEL-- Dua wali kota perempuan asal Tangerang dan Surabaya, Airin Rachmi Diany dan Tri Rismaharini bertemu di kota pahlawan, Surabaya. 

Hasilnya, Pemerintah Kota Tangerang Selatan dan Kota Surabaya menjalin kerja sama jaringan lintas perkotaan untuk menciptakan keterpaduan pembangunan yang efisien dan efektif.

Langkah tersebut dilakukan untuk mewujudkan efisiensi, efektifitas dan sinergitas penyediaan pelayanan umum kepada masyarakat, serta dapat meningkatkan perekonomian daerah dan kesejahteraan rakyat.

Wali Kota Tangsel Airin Rachmi Diany dan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menandatangani nota kesepahaman kerja sama jaringan lintas perkotaan tersebut di Balaikota Surabaya pada pekan ini.

Menurut situs Pemkot Tangsel yang dikutip Sabtu (19/7/2014), dalam kunjungannya Airin mendapat banyak informasi mengenai kondisi Kota Surabaya mulai dari pola penyelenggaraan pemerintah yang telah berbasis tiknologi, informasi dan komunikasi (TIK).

Selain itu juga memperoleh penjelasan tentang pengelolaan sampah, pembangunan taman-taman kota, dan penataan pedagang kali lima, hingga pengaturan aktivitas pengaman.

Pemkot Surabaya telah memenuhi kebutuhan masyarakat di bidang pendidikan dan kesehatan secara gratis. Bahkan, warga miskin dan cacat yang terdata oleh Dinas Sosial mendapat makanan gratis setiap hari.

Sementara  itu para pengamen tidak berkeliaran di jalan karena mereka ditempatkan di taman-taman kota. Mereka dibayar untuk menghibur para pengunjung  taman tersebut.

Adapun pengelolaan anggarannya, Pemkot Surabaya telah berbasis TIK mulai dari perencanaan sehingga masyarakat dapat memonitor usulan pembangunan yang diajukan dalam kerangka Musrenbang.

Penggunaan basis TIK juga terapkan pada proses penatausahaan anggaran yang dikenal dengan e-budgeting, e-project dan e-payment, serta di bidang perhubungan, kesehatan dan kependudukan.

Sedangkan dalam mekanisme kinerja pegawai, Pemkot Surabaya telah menerapkan e-performance, sehingga setiap PNS berlomba menjalankan tugas dengan baik karena ada poinnya.

Pemkot akan membayar poin yang berhasil dikumpulkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nurudin Abdullah
Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper