Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kota Bekasi Dinilai Belum Butuh Pusat Perbelanjaan Baru

Penambahan pusat belanja (shopping center/mal) dan pusat perdagangan (trade center) baru di Kota Bekasi dinilai belum dibutuhkan menyusul tingkat okupansi dan dukungan infrastruktur yang belum maksimal.
 Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, BEKASI - Penambahan pusat belanja (shopping center/mal) dan pusat perdagangan (trade center) baru di Kota Bekasi dinilai belum dibutuhkan menyusul tingkat okupansi dan dukungan infrastruktur yang belum maksimal.

Direktur Eksekutif Indonesia Property Watch Ali Tranghanda mengatakan hingga saat ini, sejumlah besar fasilitas komersial tersebut masih terpusat di wilayah Bekasi Barat.

Dengan begitu, dia menuturkan peluang penambahan pusat belanja dan perdagangan baru masih kecil dengan tingkat okupansi yang belum optimal di antara sejumlah fasilitas yang telah ada.

Apalagi, jelas Ali, belum lama ini dua shopping center teranyar dengan segmentasi menengah atas, yakni Summarecon Mal Bekasi dan Grand Metropolitan, baru saja dibuka. Menurutnya, saat ini tingkat okupansi rata-rata pusat perbelanjaan di Kota Bekasi baru mencapai 80%-an.

Sementara itu, Ali mengatakan kinerja trade center di kota Bekasi masih terpuruk. Tingkat hunian fasilitas perdagangan tersebut, ujarnya, bahkan hanya berada di kisaran 65%.

"Masih diragukan untuk penambahan pasar disana. Yang ada saja masih banyak yg kosong," ungkapnya kepada Bisnis, Selasa (19/8/2014).

‎Kendala bagi peningkatan pasar fasilitas komersil itu, sambung Ali, juga dipicu oleh masih kurangnya dukungan infrastruktur yang memadai.

Dia menyatakan pengembangan infrastruktur Kota Bekasi berlangsung lebih lambat dibandingkan dengan kebutuhan seiring pesatnya pertumbuhan sektor properti di wilayah tersebut.

Pesatnya pertumbuhan properti, ungkapnya, akan mendorong pertumbuhan permintaan fasilitas komersil seperti mal dan trade center. Oleh karena itu, Ali berharap Pemkot Bekasi memaksimalkan peluang pertumbuhan properti dengan menyediakan infrastruktur dan tata ruang yang memadai.

"Harus segera berbenah karena perkembangn properti di sana pesat dan membutuhkan tata ruang yg baik," kata Ali.

Adapun, perkembangan Kota Bekasi yang pesat telah memunculkan fasilitas perbelanjaan dan perdagangan yang telah lama terkonsentrasi di Bekasi Barat seperti Metropolitan Mall, Mega Bekasi, Bekasi Square, Bekasi Cyber Park, Living Bekasi, Grand Metropolitan, Bekasi Junction, dan Summarecon Mal Bekasi.

Sementara itu, di Bekasi Barat terdapat Grand Mal Bekasi di Jalan Sudirman dan di Bekasi Timur ada Bekasi Trade Center, Blu Plaza, dan rencana Bekasi Town Square.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nurbaiti
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper