Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

1.155 TNI Kodam Jaya Bakal Kerja Bakti di Kali Ciliwung

Komando Daerah Militer (Kodam) Jaya akan mengerahkan personel TNI untuk membersihkan Kali Ciliwung.
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Komando Daerah Militer (Kodam) Jaya akan mengerahkan personel TNI untuk membersihkan Kali Ciliwung.

Kasdam Jaya Brigjen TNI Teddy Laksamana mengatakak kegiatan ini merupakan salah satu tanggung jawab Kodam Jaya sebagai kegiatan teritorial.

"Kami akan kerahkan sebanyak 1.155 personel TNI untuk karya bakti di sepanjang Kali Ciliwung. Kita juga akan melibatkan sekitar 2.000 orang untuk bergabung dalam kegiatan ini," ucapnya di Balai Kota, Jumat (28/11/2014).

Kegiatan ini kemungkinan akan dilaksanakan pada Desember 2015 untuk menghadapi musim hujan.

"Sungai meluap kan sampah otomatis naik, nanti ada hubungannya antara Daerah Aliran Sungai (DAS) dan daratannya," kata Teddy.

Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama sangat mengapresiasi Kodam Jaya yang akan membantu Pemprov DKI membersihkan Kali Ciliwung.

Ahok, sapaan akrabnya, ingin membersihkan Ciliwung dengan baik. Salah satunya dengan mengedukasi masyarakat supaya menghilangkan kebiasaan membuang sampah ke kali.

"Nanti semua dibagi. Nah tentara kerjanya baik, mana yang harus dibuat, ini semua ya sudah tidak usah diajari. Kayak perang saja, tapi perang sampah sekarang," tuturnya.

Mantan Bupati Belitung Timur ini pun menyatakan pola kerjasama dengan TNI akan terus dilakukan. Ke depan, para personel TNI akan merekrut para pemulinh untuk memgurusi sampah di pinggiran sungai-sungai Ibu Kota.

"Nanti, pemulung bikin jaring apung untuk tangkap sampah. Yang ingin dia jual, dia ambil, dan yang tidak ingin dia kumpulkan terus diolah," terang Ahok.

Ahok juga menginginkan adanya transportasi air di sepanjang Kali Ciliwung yang dapat digunakan sebagai wisata air, serta jogging track dan dermaga untuk perahu-perahu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Sepudin Zuhri

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper