Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pemerintah Didorong Bantu Promosikan Produk Pertanian Organik

Aliansi Organik Indonesia meminta pemerintah membantu promosikan dan pengenalan pada masyarakat akan pentingnya mengkonsumsi produk pertanian organik.
Miftahul Khoer
Miftahul Khoer - Bisnis.com 25 Desember 2014  |  16:51 WIB
 Gula kelapa organik
Gula kelapa organik

Bisnis.com, BOGOR - Aliansi Organik Indonesia meminta pemerintah membantu promosi dan pengenalan pada masyarakat akan pentingnya mengkonsumsi produk pertanian organik.

Ketua Aliansi Organik Indonesia Wahyudi mengatakan respons masyarakat terhadap produk pertanian organik selama ini belum begitu menggembirakan.

"Sehingga serapan produk pertanian organik tidak hanya tersebar di kota-kota besar yang selama ini mendominasi pasar," ujarnya kepada Bisnis, Kamis (25/12/2014).

Menurut Wahyudi, masih terbatasnya pemasaran pertanian organik membuat produk olahannya pun kurang berkembang. Padahal, kata dia, industri olahan pertanian organik memiliki potensi cukup besar.

Dia menjelaskan saat ini produk olahan pertanian organik sebagian besar terdapat pada komoditas rempah dan umbi-umbian. Kebanyakan olahan tersebut dijadikan makanan ringan yang dipasarkan di sejumlah pameran dan swalayan.

"Pemasaran produk olahannya pun harus melalui promosi yang maksimal, karena kebanyakan olahan pertanian organik diproduksi secara home industry," paparnya.

Wahyudi berharap ada kebijakan khusus yang mengatur pertanian organik agar perkembangan sektor tersebut bisa menyaingi produksi seperti di beberapa negara tetangga.

Selama ini, kata dia, regulasi yang mengatur terkait pertanian organik masih menumpang pada kebijakan pertanian.

"Padahal, apabila pemerintah ingin pertanian organik berkembang, aturannya harus lebih fokus dan mandiri," ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pertanian organik produk pertanian organik
Editor : Nurbaiti
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top