Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Djarot Pameri Mantan Perdana Menteri Ini Soal Layanan Birokrasi DKI

Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidajat memamerkan salah satu keberhasilan DKI Jakarta dalam upaya reformasi birokrasi kepada mantan Perdana Menteri Thailand Chuan Leekpai di Balaikota baru-baru ini.
Wagub DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat/Beritajakarta.com
Wagub DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat/Beritajakarta.com

Bisnis.com, JAKARTA - Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidajat memamerkan salah satu keberhasilan DKI Jakarta dalam upaya reformasi birokrasi kepada mantan Perdana Menteri Thailand Chuan Leekpai di Balaikota baru-baru ini.

Apa yang dia pamerkan? Tak lain dan tak bukan adalah pelayanan publik melalui sistem Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) kepada Chuan saat berkunjung ke Balaikota DKI Jakarta.

Upaya Wagub DKI Djarot itu memang dimaksudkan untuk meningkatkan ketertarikan investor asal Negeri Gajah Putih itu.

"Dengan pelayanan satu pintu ini masyarakat tidak perlu lagi harus dari satu meja ke meja lain, tidak menghabiskan biaya dan mencegah tindakan korupsi, juga lebih cepat," tuturnya, dihadapan Ketua Partai Demokrat Thailand itu beserta delegasi yang mendampinginya.

Dirinya menyampaikan bahwa pada awal tahun ini untuk pelayanan publik di DKI Jakarta dikembangkan sistem PTSP di level kelurahan, kecamatan, kota, hingga provinsi. Sehingga untuk menerima pelayanan dari pemerintah, masyarakat tidak perlu lagi mengurus perizinan secara berbelit-belit tapi hanya melalui satu pintu tersebut.

Dia mencontohkan untuk pembuatan izin pindah tempat tinggal hanya memerlukan waktu 10 menit saja. Sementara untuk perizinan yang memiliki banyak dokumen antara 3-4 hari kerja.

Mantan Perdana Menteri (PM) Thailand, Chuan Leekpai mengatakan bahwa dengan mengetahui sejumah keberhasilan dalam reformasi birokrasi yang dilakukan itu menjadikan Jakarta mampu memimpin reformasi birokasi dibanding kota-kota lainnya di Indonesia.

"Jakarta tidak hanya memimpin di pembangunan fisik dan gedung saja, tetapi juga dengan reformasi birokrasi. Sehingga masa depan Jakarta akan lebih cerah dan menjadi salah satu kota kebanggaan di Asia Pasifik," kata Chuan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : News Editor
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler