Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bogor Kabupaten Pertama Miliki IP Address Tetap se-Indonesia

Kabupaten Bogor diklaim satu-satunya daerah yang memiliki Internet Protocol (IP) address 255 number tetap se-Indonesia.
Internet/gadgerss.com
Internet/gadgerss.com

Bisnis.com, BOGOR—Kabupaten Bogor diklaim satu-satunya daerah yang memiliki internet protocol (IP) address 255 nomor tetap se-Indonesia.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Bogor Wawan Munawar Sidik mengatakan hal tersebut menjadi prestasi lantaran IP address ini bukanlah barang yang mudah diperoleh.

SIMAK: Dua Bulan Tak Gajian, Istri Anggota DPRD DKI Bertanya-tanya

 

“Untuk memperoleh IP ini tentu tidak gampang dan harus melalui proses yang cukup panjang dengan berbagai persyaratan yang tidak mudah,” ujarnya seperti dikutip dari situs resmi Kabupaten Bogor, Rabu (25/2/2015).

Kemarin, PT Indotrans Data, perusahaan jaringan internet memberikan IP adress kepada Diskominfo Kabupaten Bogor di halaman kantor Diskominfo, Jalan Tegara Beriman, Cibinong.

Untuk memperoleh IP address, kata Wawan, sebuah lembaga harus memiliki infrastruktur yang memadai dan sistem yang baik.

Dia mengatakan daerah lain juga menginginkan untuk memiliki IP address sendiri, tetapi persiapannya dinilai kurang. Oleh karena itu, dia senang baru Kabupaten Bogor saja yang sudah memiliki IP address tetap tersebut.

Dia menuturkan 255 IP number tersebut akan alokasikan untuk seluruh OPD, termasuk kecamatan kedepan bahkan Puskesmas dan lain-lain. Nantinya, kata dia, masyarakat luas akan dengan gampang mengakses informasi dengan hanya mengklik internet.

“Dengan IP ini faktor-faktor yang lain dapat lebih terjamin, contohnya, kalau satu situs deserang hacker kita dapat dengan mudah melacak siapa hackernya, dan kita pun dapat mempertanggungjawabkan karena kita sudah memiliki IP yang menjadi identitas kita,” ujarnya.

Dengan IP tersebut, keterbukaan informasi kedepannya akan lebih baik dan seluruh sistem yang ada akan terlaksana dengan lancar.

“Karena nanti mungkin saja di OPD tertentu ada sistem-sistem khusus, IP address ini akan memudahkan mereka dalam melaksanakan sistem tersebut. Tujuan akhirnya adalah kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan pelayanan yang kita berikan,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Miftahul Khoer
Editor : Miftahul Khoer
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper