Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Alasan Batu Akik Fenomenal Menurut Ahli

Ahli batu mulia lulusan Asian Institute of Gemological Science (AIGS) Legiyo Hery Susanto menuturkan ada beberapa alasan batu akik menjadi fenomenal saat ini.
Batu akik/Antara
Batu akik/Antara

Bisnis.com, BOGOR-- Ahli batu mulia lulusan Asian Institute of Gemological Science (AIGS) Legiyo Hery Susanto menuturkan ada beberapa alasan batu akik menjadi fenomenal saat ini.

"Pertama karena pemberitaan berbagai media, sehingga ke berbagai pelosok batu akik jadi terkenal," ujarnya saat menjadi pembicara di seminar Cara Mudah Mengenal Batu Akik di Balaikota Bogor, Kamis (16/4/2015).

Alasan lain, setelah merebaknya pemberitaan media, penggunaan batu akik menjadi gaya hidup masyarakat Indonesia. Kemudian, katanya, setelah akik fenomenal, hal tersebut menjadi momentum positif.

"Sehingga menjadikan pasar baru yang bisa meningkatkan perekonomian, opmtimalisasi sumber daya alam, multiplier effect dan juga menjadi topik hangat pembicaraan," paparnya.

Dia menuturkan, harga batu akik masih subjektif tergantung pada pihak pembeli dan penjual.

"Kalau orang senang ya beli," katanya.

Berbeda dengan harga emas atau permata yang cenderung objektif. Di Indonesia, kata dia, fenomena batu akik terlalu berlebihan tanpa mengacu pada penelitian akademis, sehingga ketika booming batu akik, apa pun batu yang ada bisa dijadikan batu hiasan cincin.

Dia menambahkan, saat ini batu akik belum termasuk barang yang bisa digadaikan di PT Pegadaian. Sementara batu mulia dengan nilai dan estetika tinggi bisa menjadi objek pegadaian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Miftahul Khoer
Editor : Nancy Junita

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper