Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

HARGA DAGING SAPI MELONJAK: Pedagang di Kota Tangerang Mogok Jualan

Jajaran kios pedagang daging di Pasar Malabar sejak akhir pekan lalu tidak seramai biasanya. Personil juragan daging pasar tradisional yang terletak di Perumnas I, Kota Tangerang, Banten ini tidak lengkap.
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, TANGERANG—Jajaran kios pedagang daging di Pasar Malabar sejak akhir pekan lalu tidak seramai biasanya. Personil juragan daging pasar tradisional yang terletak di Perumnas I, Kota Tangerang, Banten ini tidak lengkap.

Kios penjual daging hanya didominasi ikan dan unggas, tidak tampak batang hidung para penjual daging sapi. “Mereka semua sedang mogok empat hari,” sahut salah seorang pedagang ayam, Selasa (11/8/2015).

Koordinator Wilayah Tangerang Raya Asosiasi Pengusaha Pemotongan Hewan Indonesia (APPHI) M. Hendri membenarkan hal tersebut. Aksi mogok tersebut, katanya kepada Bisnis, berlangsung sejak Minggu – Rabu sebagai bentuk protes terhadap kelangkaan suplai dan tingginya harga daging sapi.

Sementara di pasar swalayan, sekelas Farmers Market di Perumnas III Kota Tangerang, juga mengalami kelangkaan daging sapi. Etalase khusus daging sapi tampak jauh lebih kosong dibandingkan biasanya. Lazimnya swalayan ini menyediakan daging sapi khusus untuk sop, rendang, daging giling dan lain-lain.

Berdasarkan pantauan lapangan Bisnis, kemarin siang, produk daging sapi reguler yang dipajang tinggal beef minced giling. Yang lain tetap ada tetapi hanya varian-varian spesifik, seperti kikil, kaki, dan daging khas dalam slice.

Harga beef minced di swalayan rupanya turut merangkak. Lazimnya berkisar Rp15.000 per 100 gram, sekarang menjadi Rp16.000 alias naik Rp1.000. Kenaikan ini terjadi sejak sekitar dua hari terakhir.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dini Hariyanti

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper