Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemkot Tangerang Tambah Jenis Pelatihan Jasa

Pada tahun-tahun mendatang Pemkot Tangerang hendak menggiatkan pelatihan untuk keterampilan di sektor jasa melalui balai latihan kerja (BLK) yang mereka miliki.n
Ilustrasi/blkcilegon.blogspot.com
Ilustrasi/blkcilegon.blogspot.com

Bisnis.com, TANGERANG—Pada tahun-tahun mendatang Pemkot Tangerang hendak menggiatkan pelatihan untuk keterampilan di sektor jasa melalui balai latihan kerja (BLK) yang mereka miliki.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Tangerang Abduh Surahman mengatakan pelatihan untuk sektor jasa akan diakomodir melalui BLK baru yang sekarang sedang digodok rencana dan konstruksinya.

"Ada perbankan yang sekarang sedikit sekali tenaga  terampilnya. Ada juga perhotelan dan sekuriti. Pelatihan sekuriti sudah mulai dirintis di BLK Pintu Air 10, sedangkan perhotelan menyusul," ucapnya  kepada Bisnis, Jumat (14/8/2015).

BLK milik Pemkot Tangerang yang beroperasi sekarang baru satu di kawasan Pintu Air 10, Kota Tangerang melatih sektiar 300 – 500 orang sepanjang tahun. Jangka waktu pelatihan untuk masing-masing keterampilan tidak sama tetapi rata-rata memakan 56 hari.

Keterampilan yang sekarang banyak dilatih melalui BLK adalah keterampilan-keterampilan terkait teknik. Fasilitas seperti BLK penting, imbuh Abduh, untuk membuka kesempatan kerja bagi mereka yang terampil tanpa latar belakang pendidikan formal memadai.

Penyerapan tenaga kerja yang berorientasi kepada keahlian perlu di tingkatkan. Sebab kenyataannya mereka yang terdidik secara formal pun tetap banyak yang menganggur. Tingkat pengangguran terbuka Banten berdasarkan tingkat pendidikan yang ditamatkan pada Agustus 2014 tertinggi dari SMA Kejuruan 13,38%.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dini Hariyanti
Editor : Nancy Junita

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper