Monas Berwarna Ungu Selama Bulan September

Indonesia kembali merayakan Bulan Alzheimer Dunia yang jatuh setiap September
Puput Ady Sukarno | 02 September 2015 12:30 WIB
Foto aerial Monumen Nasional atau yang populer disebut dengan Monas atau Tugu Monas di Jakarta Pusat, Selasa (2/6/2015). - Antara/Andika Wahyu

Bisnis.com, JAKARTA - Indonesia kembali merayakan Bulan Alzheimer Dunia yang jatuh setiap September dengan berbagai kegiatan meningkatkan kesadaran masyarakat akan penyakit alzheimer.

Salah satunya dengan menyinari Tugu Monas dengan cahaya ungu di malam hari sebagai penanda dimulainya Bulan Alzheimer Dunia di Jakarta, pada September ini.

Executive Director Alzheimer’s Indonesia DY Suharya mengungkapkan rasa terima kasih kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta beserta jajarannya yang telah mendukung penuh kampanye alzheimer secara konkret dengan memfasilitasi berbagai kegiatan kampanye kesadaran akan penyakit Demensia Alzheimer dan berbagai tindakan untuk mengurangi risikonya sejak dini di Indonesia.

“Kami mengapresiasi komitmen Bapak Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama yang konsisten mendukung berbagai kampanye untuk meningkatkan kesadaran pencegahan penyakit Demensia alzheimer sejak September 2013 hingga saat ini,” kata DY Suharya, Rabu (2/9/2015).

Video

Selain lampu Monas berwarna ungu, Pemprov DKI Jakarta juga akan memasang informasi video 10 gejala Alzheimer yang diputar lebih dari 30 titik LED/Videotron di DKI Jakarta sepanjang September 2015.

Selain itu, Pemprov DKI Jakarta juga memberikan dukungan melalui Dinas Pendidikan yang telah memasukkan materi sosialiasi gejala alzheimer dalam masa orientasi peserta Dddik baru (MOPDB), sekitar 10, ribu siswa SMP, SMA, SMK di 5 wilayah DKI Jakarta sejak akhir Juli lalu mendapatkan sosialisasi dan pemahaman mengenai 10 gejala Alzheimer dan berbagai tindakan untuk mengurangi risikonya sejak dini.

DY menjelaskan, peringatan Bulan Alzheimer Dunia di Jakarta akan fokus dalam 2 kegiatan utama, yaitu 11 September 2015,  Executive Director Alzheimer’s Disease International, Marc Wortmann akan mengunjungi langsung Balai Kota DKI Jakarta untuk memberikan apresiasi dan penghargaan kepada Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atas usahanya yang konsisten untuk mewujudkan Jakarta sebagai kota ramah demensia dan ramah lansia.

Kemudian, kegiatan kedua adalah Peduli Alzheimer #MelawanPikun! Bertempat di Monas pintu barat daya dan Car Free Day Thamrin, area Balai Kota Medan Merdeka Selatan dan sekitarnya, Minggu pagi, 27 September 2015.

Alzheimer Indonesia yang didukung Pemprov DKI serta berbagai pihak seperti CIMB Niaga, Maverick, UFM, Rukun Senior Living, Indonesia Sports Medicine Centre, Prodia, Eisai dan sektor swasta peduli alzheimer  akan melakukan berbagai kegiatan seperti jalan sehat, deteksi dini alzheimer, poco-poco, senam kesegaran jasmani dan gerak latih otak bersama.

Tag : dki, monas
Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top