Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dewan Sarankan DKI Bikin Makam Mewah Seperti San Diego Hills

Badan Anggaran (Banggar) DPRD DKI Jakarta mengusulkan lokasi pemakaman eksklusif untuk kalangan atas, semacam Sandiego Hills, di Karawang, Jawa Barat.
Sandiego Hills di Karawang Jawa Barat/Antara
Sandiego Hills di Karawang Jawa Barat/Antara

Bisnis.com, JAKARTA -- Badan Anggaran (Banggar) DPRD DKI Jakarta mengusulkan lokasi pemakaman eksklusif untuk kalangan atas, semacam San Diego Hills, di Karawang, Jawa Barat.

Banggar mengutarakan hal itu saat rapat dengan Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta, Selasa (22/9/2015).

 Selain mengusulkan agar biaya pemakaman digratiskan, Banggar juga mengusulkan untuk membuat lokasi pemakaman ekslusif.

Syaahrial, Anggota Banggar DPRD DKI Jakarta, menilai Jakarta perlu membangun kompleks pemakaman mewah untuk mengakomodir warga dari kalangan menengah ke atas.

Sebab, kata dia, selama ini banyak orang-orang kaya yang memilih dimakamkan atau memakamkan keluarganya di luar Jakarta, salah satunya seperti yang ada di San Diego Hills, Karawang, Jabar.

"Kan banyak orang-orang kaya di Jakarta yang ingin agar keluarganya dimakamkan di tempat yang elite. Daripada dia pergi ke Karawang, lebih baik kita bikin aja yang seperti itu di sini," ujarnya saat rapat KUA-PPAS 2016 di Gedung DPRD DKI.

Menurutnya, dengan adanya pemakaman ekslusif bagi kalangan atas yang cukup mahal itu, dapat berpotensi meningkatkan pendapatan dari retribusi pemakamanannya.

"Jadi kalau DKI punya, PAD-nya masuk ke sini, bukan ke Karawang sana. Selama ini kan yang dapat sana," ujar politisi PDIP tersebut.

Ketua Banggar DPRD DKI Jakarta, Mohamad Taufik , menilai  pendapatan yang besar dari pemakaman mewah dapat digunakan untuk menyubsidi pengeluran biaya pemakaman umum gratis.

"Jadi ada subsidi silang. Pendapatan retribusi dari pemakaman orang kaya ini digunakan untuk menggratiskan yang miskin. Jadi pemakaman-pemakaman umum digratiskan saja," tutur politisi Gerindra tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nancy Junita

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper