IDUL ADHA: Pemkot Tangerang Cek Hewan Kurban Dua Kali

Pemerintah Kota Tangerang memastikan seluruh hewan kurban yang dipotong aman untuk dikonsumsi.\n\n
Dini Hariyanti | 24 September 2015 15:55 WIB
Ilustrasi-Hewan Kurban - Antara/Saiful Bahri

Bisnis.com, TANGERANG — Pemerintah Kota Tangerang memastikan seluruh hewan kurban yang dipotong aman untuk dikonsumsi.

Wakil Wali Kota Sachrudin mengatakan hewan kurban yang di jual di Kota Tangerang pada tahun ini dinyatakan sehat oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP).

“Mereka sudah cek secara acak dan tidak menemukan adanya infeksi penyakit pada hewan kurban,” katanya dalam siaran pers, Kamis (24/9/2015).

Pemeriksaan kesehatan hewan kurban di Kota Tangerang, imbuh Sachrudin, dilakukan sebanyak dua kali. Pemerintah mengecek langsung ke berbagai lapak penjual hewan kurban.

Lapak yang sudah diperiksa dan lolos diberikan stiker khusus untuk mengidentifikasi itu. Cara ini bertujuan mengantisipasi oknum pedagang yang curang sekadar demi hewan dagangannya laku.

Hal itu dibenarkan Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Tangerang Iis Aisah Rodiah. “Ini adalah langkah antisipatif kami. Meskipun sebelumnya sudah dicek tapi kami rasa perlu diulang menghindari oknum yang curang,” katanya.

Pada sisi lain, DKPP mengaku sudah memberikan sosialisasi kepada seluruh panitia penyembelih hewan kurban. Mereka diharapkan memahami mana hewan yang sehat dan tidak saat pemotongan.

Siapapun yang menemukan hewan tidak dalam keadaan sehatdiminta segera menunda pemotongan dan langsung menghubungi Satgas Keswan (Kesehatan Hewan) untuk dilakukan pengecekan lebih lanjut.

Tag : idul adha
Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top