Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ahok Duga Dua Faktor Ini Sebabkan Kasus DBD di Jakarta Meningkat

Ahok Duga Dua Faktor Ini Sebabkan Kasus DBD Meningkat di Jakarta
Newswire
Newswire - Bisnis.com 05 Februari 2016  |  16:59 WIB
Ahok Duga Dua Faktor Ini Sebabkan Kasus DBD di Jakarta Meningkat
Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama - JIBI

Bisnis.com, JAKARTA - Pasien Demam Berdarah Dengue (DBD) di Jakarta meningkat. Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menduga ada dua faktor yang menyebabkan peningkatan itu.

Dua faktor tersebut adalah campuran obat foggingnya yang tidak sesuai dan perkembangbiakan jentik nyamuk tak lagi hanya di tempat-tempat yang kotor. "Sekarang, makin baik rumah anda, makin bahaya terjangkit DBD. Maka saya minta cek," kata pria yang disapa Ahok ini kepada Wartawan di Jakarta, Jumat 5 Februari 2016.

Ahokpun mencontohkan sebaran jentik nyamuk di rumah-rumah bisa terjadi di tempat-tempat yang tidak terduga. Di rumahnya sendiri sebaran jentik nyamuk Aedes aegepty ditemukan di penampung air dispenser dan ruang sistem penyaring air di kolam renang rumahnya. "Anak saya kemarin juga kena (Dbd) kan karena itu," katanya.

Sebelumnya Ahok mengatakan, peningkatan pasien Demam Berdarah justru terjadi di kawasan dengan perumahan mewah. Pasalnya, warga di perumahan mewah kerap tidak mengizinkan petugas kesehatan memantau serta memberantas jentik nyamuk. 

Menurutnya, tindakan petugas kesehatan tersebut sebagai langkah pencegahan merebaknya penyakit demam berdarah, sebab jentik nyamuk tidak hanya berkembang di saluran air yang kotor.

"Kalau di daerah perumahan, saya sama anak saya juga kena kan? Banyak perumahan mewah dan bagus, malah meningkat DBD-nya. Karena warga tidak kasih izin masuk, jentik nyamuk Aedes aegeptyitu berkembang bukan di got kotor, melainkan di tempat yang bersih," kata Ahok kemarin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

demam berdarah

Sumber : Tempo.co

Editor : Andhika Anggoro Wening

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top