Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tangerang Siap Wujudkan Indonesia Bebas Sampah pada 2020

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menilai Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang bisa menjadi acuan terkait kebijakan penangananan sampah dengan melibatkan peran serta masyarakat.
Kantor Wali Kota Tangerang/Istimewa
Kantor Wali Kota Tangerang/Istimewa

Bisnis.com, TANGERANG--Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menilai Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang bisa menjadi acuan terkait kebijakan penangananan sampah dengan melibatkan peran serta masyarakat. Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar menyebutkan kegiatan deklarasi peduli sampah yang digagas Pemkot Tangerang patut menjadi model percontohan penanganan sampah di Indonesia.

Pasalnya, Pemkot Tangerang melibatkan ribuan peserta yang berasal dari berbagai lapisan masyarakat untuk berkontribusi dalam kegiatan tersebut. "Ini bisa menjadi contoh seluruh Indonesia, terutama Jakarta dan Jabodetabek," ujarnya di Tangerang, Minggu (21/2).

Sementara itu, Walikota Tangerang Arief R. Wismansyah menegaskan bahwa pihaknya bersama masyarakat Kota Tangerang siap untuk menjawab tantangan mewujudkan Indonesia bebas sampah pada 2020. "Dengan dukungan dari masyarakat, komitmen dari para komunitas dan bimbingan dari kementrian, kami siap mewujudkan Indonesia bebas sampah 2020 dari Kota Tangerang," katanya.

Bahkan, dirinya mengungkapkan sekolah dan industri sudah terlibat aktif dalam kegiatan ini. Bersamaan dengan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang jatuh pada Minggu (21/2), sejumlah komunitas peduli sampah bersama masyarakat dan juga pelajar di Kota Tangerang berkumpul di Tugu Adipura, Tangerang.

HPSN di Kota Tangerang juga diisi dengan kegiatan kerja bakti massal atau juga disebut dengan Bersih-Bersih Massal (BBM) yang melibatkan hampir semua masyarakat yang tersebar di seluruh wilayah Kota Tangerang. Dalam peringatan HPSN kali ini juga dilaksanakan kegiatan Pungut Sampah di sekitar Tugu Adipura yang juga menjadi lokasi Car Free Day.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper