Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Walikota Bima Arya Berambisi Wujudkan Bogor Sebagai Eco City

Wali Kota Bogor Bima Arya mengklaim pihaknya serius untuk mewujudkan Kota Bogor sebagai Eco City.
Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto/Antara
Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto/Antara

Bisnis.com, BOGOR - Wali Kota Bogor Bima Arya mengklaim pihaknya serius untuk mewujudkan Kota Bogor sebagai Eco City.

"Pengembangan konsep Bogor Eco-city, yaitu kota yang hijau, sehat, dan ramah lingkungan," ujarnya dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis.com, Selasa (30/3/2016).

Di dalam pelaksanaannya, kata dia, konsep tersebut perlu didukung dengan adanya basis data dan sistem monitoring menggunakan data lokal berdasarkan data karakteristik Kota Bogor.

Untuk memenuhi hal tersebut, Pusat Pengelolaan dan Peluang Risiko Iklim kawasan Asia Tenggara dan Pasifik (CCROM-SEAP) Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Institut Pertanian Bogor (IPB), bekerjasama dengan National Institute for Environmental Studies (NIES) Jepang mengembangkan sistem monitoring dan visualisasi inovatif.

Sistem tersebut dikembangkan melalui program instalasi demo sistem penggunaan energi di Kota Bogor serta simulasi skenario Bogor eco-city masa depan berdasarkan parameter informasi dan emisi Gas Rumah Kaca kota spesifik Kota Bogor

Dengan demikian, guna menyampaikan kemajuan kerjasama, bertukar pikiran dan berbagi pengalaman dalam implementasi Bogor Eco-city, semua pihak menggelar simposium di CCROM-SEAP IPB bekerjasama di IPB International Convention Center (IICC) Bogor, (17/3).

Menurut Bima, dengan adanya simposium dan program kerjasama tersebut diharapkan menjadi salah satu upaya dari Pemkot Bogor untuk menjadikan Bogor sebagai Eco-City.

"Sekaligus mendukung komitmen Pemerintah Indonesia untuk menurunkan emisi Gas Rumah Kaca (GRK),” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Rektor bidang Riset dan Kerjasama IPB Prof.Dr. Anas Miftah Fauzi juga menyampaikan bahwa IPB memiliki tugas penting untuk dapat membantu Pemkot Bogor dalam melakukan riset dan memberikan kontribusi pengetahuan dalam upaya mengurangi emisi GRK khususnya di Kota Bogor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper