Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

IDULADHA: Diprediksi, 33.000 Ekor Ternak Disembelih di DKI Jakarta

Pada perayaan Iduladha tahun ini, DKI Jakarta diprediksi menyembelih hingga 33.080 ekor ternak sapi, kerbau, kambing, dan domba di seluruh kota.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA – Pada perayaan Iduladha tahun ini, DKI Jakarta diprediksi menyembelih hingga 33.080 ekor ternak sapi, kerbau, kambing, dan domba di seluruh kota. Angka itu turun dari jumlah pemotongan ternak kurban pada tahun lalu yang mencapai 40.000 ekor.

Dari data yang dihimpun Direktorat Kesehatan Masyarakat Veteriner (Kesmavet) Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) Kementerian Pertanian, jumlah pemotongan sapi di DKI Jakarta hari ini mencapai 8.633 ekor atau setara hampir kebutuhan 2 pekan provinsi konsumen daging terbesar di Tanah Air tersebut.

Secara rinci, data Kesmavet per 11 September 2016 itu mengungkapkan total sapi yang akan dipotong di Jakarta yaitu 8.633 ekor, 267 ekor kerbau, 22.317 ekor kambing, dan 1.863 ekor domba. Pihak Kesmavet Kementan menjamin seluruh ternak yang masuk Ibukota telah terbebas dari penyakit-penyakit hewan.

“Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementan telah melaksanakan bimbingan teknis penataan hewan kurban untuk petugas Dinas di 34 provinsi. Selain itu, telah dilakukan advokasi penanganan hewan kurban serta pedoman kesejahteraan hewan kurban,” ungkap Direktur Kesmavet Sri Mukartini melalui situs resmi lembaga itu, seperti dikutip pada Minggu (11/9/2016).

Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat sebelumnya menyampaikan proses pemotongan hewan kurban diprediksi akan dilakukan di lebih dari 2.000 titik di seluruh DKI Jakarta, termasuk masjid, instansi pemerintahan, instansi swasta, dan sekolah-sekolah.

“Kami mengimbau agar masyarakat menyediakan tempat-tempat pemotongan hewan kurban yang memenuhi aspek-aspek kesehatan,” ungkap Djarot saat melakukan sosialisasi kurban di Jakarta, akhir pekan lalu.

Adapun, data terakhir yang dihimpun Kesmavet menunjukkan diprediksi lebih dari 500.000 ekor ternak akan disembelih di seluruh Indonesia pada hari ini.

Per 11 September, 9 provinsi belum memasok data jumlah hewan kurban, sedangkan seluruh provinsi lainnya akan memotong total 495.527 ekor ternak sapi, kerbau, kambing, dan domba.

Secara rinci, Kementan mendata sebanyak 203.524 ekor sapi, 8.083 ekor kerbau, 204.632 ekor kambing, dan 79.288 ekor domba akan disembelih pada perayaan kurban tahun ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dara Aziliya

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper