Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jakarta Diguyur Hujan: 44 Pohon Tumbang

Kepala Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta, Djafar Muchlisin mengatakan selama bulan November 2016 tercatat 44 pohon tumbang di DKI Jakarta.
Asteria Desi Kartika Sari
Asteria Desi Kartika Sari - Bisnis.com 11 November 2016  |  19:36 WIB
Pohon tumbang di Jalan Jenderal Sudirman (TMC Polda Metro) - Antara
Pohon tumbang di Jalan Jenderal Sudirman (TMC Polda Metro) - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Kepala Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta, Djafar Muchlisin mengatakan selama bulan November 2016 tercatat 44 pohon tumbang di DKI Jakarta.

Hal itu disebabkan karena pada akhir-akhir ini Jakarta diguyur hujan diserta angin kencang yang terjadi merata di enam wilayah DKI Jakarta.

" Kalau yang di Jalan Hang Lekir, pohon yang tumbang jenis pohon beringin diameternya 80 centimeter. Pohonnya menimpa tiga mobil dan satu motor,” kata Djafar, Jumat (11/11).

Ke-44 pohon tersebut  terdiri atas 9 pohon tumbang, 35 pohon sempal atau patah terjadi di sembilan wilayah. Seluruh pohon tumbang dan patah tersebut berdiameter antara 20 hingga 80 centimeter.

Berdasarkan data Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI, pohon tumbang dan patah terjadi di Jalan Samping Golf (Patal Senayan), Jalan Cut Nyak Dien (Samping Pertama), Jalan Patimura, Jalan hang Lekir, Jalan Saharjo No. 62, Jalan Bumi No. 28, Jalan Jend Sudirman (depan Plaza Senayan), Jalan Jend Sudirman (Parkir Panin Bank) dan Jalan Tambak Rt 007/004.

Dia akan melakukan penopingan dan pemangkasan agar mengurangi dari beban berat pohon tersebut saat terjadi angin kencang. Bila beban berat, terkena angin kencang saja pohon akan rawan patah atau tumbang.

“Kita rutin melakukan penopingan. Kita melakukan itu dari dua laporan, yaitu laporan dari masyarakat dan PTSP. Kemudian setelah menerima laporan itu, nanti kita akan memberikan rekomendasi untuk teknis penopingannya,” ujarnya.

Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI juga secara rutin melakukan pengawasan terhadap pohon-pohon di Jakarta, selain itu tim pengawas juga sedang mendata pohon-pohon yang rawan tumbang. 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

info cuaca jakarta banjir
Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top