Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Libur Natal & Tahun Baru: Tangsel Periksa Kelaikan Bus Angkutan

Masyarakat mendukung Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkoninfo) Kota Tangerang Selatan melakukan pemeriksaan kelaikan jalan bus antar kota antar provinsi menjelang dipakai angkutan liburan Natal dan Tahun Baru.
Bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP). /Antara
Bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP). /Antara

Bisnis.com, TANGSEL-Masyarakat mendukung Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkoninfo) Kota Tangerang Selatan melakukan pemeriksaan kelaikan jalan bus antar kota antar provinsi menjelang dipakai untuk angkutan liburan hari raya Natal dan Tahun Baru.

Santosa, warga Kedaung Kelurahan Ciputat, Kecamatan Ciputat, Tangsel, mengatakan pemeriksaan kelaikan jalan bus antar kota antar provinsi (AKAP) sangat penting guna menjamin keselamatan dan keamanan warga yang bepergiaan saat libur hari besar tersebut.

“Jaminan keselamatan dalam perjalanan dengan bus harus dimulai dari kondisi kelaikan armada itu terlebih dahulu, dan juga yang tidak kalah penting adalah kesehatan fisik dan psikis awak bus itu,” katanya, Sabtu (17/12/2016).

Menurutnya, Dishubkominfo Kota Tangsel harus mendatangi seluruh pool bus yang ada di wilayahnya, seperti milik Perusahaan Otobus (PO) Rosalia Indah, PO Harapan Jaya, PO Primajasa, PO Kramatjati, dan sejumlah perusahaan penyedia bus pariwisata.    

Selain armada di pool, lanjutnya, Dishubkominfo Tangsel juga harus memeriksa kelaikan jalan bus yang ada di tempat-tempat mangkal, baik itu di Pondok Cabe Kecamatan Pamulang atau yang ada di sepanjang Jl Otista Raya Ciputat, Kecamatan Ciputat.

Dia menjelaskan belum lama ini pihak Bidang Angkutan Dishubkominfo Kota Tangsel melakukan pemeriksaan dan pengujian laik jalan untuk bus AKAP di beberapa pool yang ada guna menjamin keselamatan dan keamanan bus serta penumpangnya di perjalanan.

Kegiatan tersebut rutin dilakukan, khususnya setiap menjelang libur panjang, misalnya saat  musim mudik Lebaran Idul Fitri dan Idul Adha, maupun sekarang ini menjelang hari raya Natal dan Tahun Baru.

Pemeriksaan dilakukan lebih awal, lanjutnya, agar pihak PO dapat melakukan perbaikan atau penyempurnaan armadanya sehingga laik jalan saat melonjaknya penumpang pada menjelang dan setelah hari raya tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nurudin Abdullah
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper