Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Perumnas & KAI Bangun Rumah di Sekitar Stasiun

Perum Perumnas bekerja sama dengan PT Kereta Api Indonesia (Persero) membangun hunian di atas stasiun dan rel kereta api untuk menciptakan efisiensi bagi masyarakat dalam mobilisasi aktivitas keseharian.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 19 Desember 2016  |  13:58 WIB
Stasiun Kereta Api Paledang Bogor - Bisnis.com/Miftahul Khoer
Stasiun Kereta Api Paledang Bogor - Bisnis.com/Miftahul Khoer

Bisnis.com, JAKARTA - Perum Perumnas bekerja sama dengan PT Kereta Api Indonesia (Persero) membangun hunian di atas stasiun dan rel kereta api untuk menciptakan efisiensi bagi masyarakat dalam mobilisasi aktivitas keseharian.

"Melalui MoU ini kami berharap mampu memberikan alternatif hunian bagi masyarakat yang lebih efisien, karena dengan konsep TOD (Transit Oriented Development) memudahkan mobilisasi bagi masyarakat. Permukiman ini akan memanfaatkan lahan yang tidak terpakai di sekitar stasiun kereta api," kata Direktur Utama Perumnas Bambang Triwibowo seusai menandatangani nota kesepahaman dengan Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro di Jakarta, Senin (19/12/2016).

Bambang mengatakan, hunian vertikal tersebut akan dibangun di kawasan Stasiun Bogor, Stasiun Pondok Cina, dan Stasiun Tanjung Barat.

Dia menjelaskan, hunian berkonsep TOD ini juga akan dilengkapi dengan area komersial untuk ruang sosialisasi para penghuni dan area fasilitas umum yang semuanya terintegrasi dalam satu kawasan untuk kemudahan melakukan berbagai aktivitas sehari-hari.

"Melalui konsep TOD ini akan mendekatkan jarak pengguna kereta api, menciptakan efisiensi biaya, waktu, dan tenaga bagi mereka sehingga mampu meningkatkan kualitas hidup di perkotaan," ujar Bambang.

Pembangunan hunian di kawasan stasiun kereta tersebut dilakukan karena tingginya minat dan kebutuhan masyarakat atas hunian yang dekat dengan stasiun.

Selain itu pembangunan juga didasarkan atas tingginya pengguna kereta api Jabodetabek yang mencapai 914.840 penumpang per hari dengan mayoritas pengguna yang menempuh jarak antara rumah dan stasiun sejauh 1-10 km.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kereta api stasiun kereta api

Sumber : Antara

Editor : Nancy Junita
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top