Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Syarat Mendapatkan SIM Internasional

Bagi anda yang akan tinggal di suatu negara dalam jangka waktu yang lama untuk tugas kantor, kerja, sekolah, atau keperluan keluarga, maka sebaiknya memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) Internasional.
Surat izin mengemudi (SIM)/Antara
Surat izin mengemudi (SIM)/Antara

Bisnis.com, JAKARTA-Bagi anda yang akan tinggal di suatu negara dalam jangka waktu yang lama untuk tugas kantor, kerja, sekolah, atau keperluan keluarga, maka sebaiknya memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) Internasional.

Sebab, tidak menutup kemungkinan SIM Internasional itu dibutuhkan, misalnya karena suatu alasan mendesak harus mengemudikan sendiri kendaraan, baik untuk keperluan pribadi maupun karena tuntutan suatu pekerjaan.

Untuk itu carilah informasi dari Polda Metro Jaya antara lain dengan mematau akun twitter resminya @TMCPoldaMetro maupun laman face book-nya yang memberikan penjelasan secara rinci. 

Diantara informasi tersebut melalui @TMCPoldaMetro yang isinya:  “Persyaratan SIM Internasional http://notes.tmcpoldametro.net/2013/07/persyaratan-sim-internasional.html?m=1.” 

Adapun persyarakat untuk mendapatkan SIM Internasional, harus menyiapkan   Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli dan foto copi, Paspor asli dan foto copi, SIM yang masih berlaku.

Selanjutnya KITAP asli dan foto copi (untuk Warga Negara Asing/WNA),m aterai Rp6.000, pas foto terbaru ukuran  4x6 sebanyak 3 lembar dengan latar belakang foto warna biru (untuk pria berdasi dan wanita mengenakan blezer)

Sesuai Peraturan Pemerintah No.50 Tahun 2010 tentang Penerimaan negara bukan pajak (PNBP) yang berlaku di Kepolisian RI, untuk biaya mengurus SIM Internasional baru Rp250.000 dan perpanjangan SIM Internasional Rp225.000 

Sedangkan lokasi pembuatan SIM Internasional tersebut di Korlantas Polri Jl. Letjen Haryono MT Kav 37-38 Jakarta 12770, Telp 021-7989702.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nurudin Abdullah
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper