Transjakarta Siapkan Rp750 Miliar untuk Bus Baru

PT Transjakarta siap mengucurkan anggaran sekitar Rp750 miliar sepanjang tahun ini untuk pengadaan bus terbaru yang diberi nama Maxi.
Miftahul Khoer | 17 April 2017 17:17 WIB
Direktur Utama PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) Budi Kaliwono, di Jakarta, Rabu (15/3). - JIBI/Dwi Prasetya

Bisnis.com, JAKARTA--PT Transjakarta siap mengucurkan anggaran sekitar Rp750 miliar sepanjang tahun ini untuk pengadaan bus terbaru yang diberi nama Maxi.

Direktur Utama PT Transajakarta Budi Kaliwono mengatakan saat ini pihaknya telah mengoperasikan 100 bus Maxi dengan kapasitas 100 penumpang atau lebih besar dari sebelumnya 80 penumpang.

Baca juga: Media Siber

"Kami siapkan sepanjang tahun ini 300 bus Maxi. Satu unit bus anggarannya bisa mencapai sekitar Rp2,5 miliar yang terdiri dari merek Volvo, Merci, dan Scania," ujarnya, Minggu (9/4).

Menurutnya, Transjakarta terbaru diberi nama Maxi karena dinilai bisa memberikan pelayanan maksimal kepada pelanggan dengan memuat total 43 kursi.

Baca juga: Kurs Dolar AS

Adapun, layanan operasi Transjakarta Maxi tersebut akan diberlakukan antara lain di koridor 2 Pulo Gadung- Harmoni, koridor 3 Kalideres-Harmoni, koridor 6 Ragunan-Dukuh Atas, dan koridor 10 PGC-Tanjung Priok.

Dia memaparkan kelebihan Transjakarta Maxi dibandingkan dengan bus-bus sebelumnya yakni memiliki transisi otomatis dan tiga rangkaian roda sehingga bagian belakang roda berputar secara mulus.

Baca juga: Busana Muslim

Sementara itu, Asisten Kepala Humas PT Transjakarta Wibowo mengatakan hingga Maret 2017, pihaknya telah melayani 36,68 juta pelanggan atau naik 41,33% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya yang hanya mengangkut 25,99 juta pelanggan.

Menurutnya, saat ini Transjakarta telah melayani pelanggan rata-rata 450.000 setiap harinya pada hari kerja. Adapun, sepanjang 2016, Transjakarta telah melayani 123,73 juta pelanggan atau naik 20,78 juta dibandingkan tahun 2015 lalu dengan pelanggan 102,95 juta.

"Khusus untuk operariosnal bus, kami saat ini mengoperasikan lebih dari 1.100 unit setiap harinya dibandingkan dengan Januari 2016 lalu yang hanya 605 bus," paparnya.

Wibowo mengatakan Transjakarta menargetkan sepanjang tahun ini memiliki sekitar 3.000 bus dari yang tersedia hingga kuartal pertama tahun ini mencapai 1.500 unit.

Dari sisi layanan, kata dia, Transjakarta telah melayani 81 rute pada kuartal pertama tahun ini atau meningkat dibandingkan tahun 2015 lalu yang hanya 39 rute.

Dia mengatakan pihaknya akan terus meningkatkan pelayanan di sektor transportasi di Jakarta baik secara keuntungan atau pun secara sosial.

Saat ini, kata dia, Transjakarta memiliki 26 unit layanan bus gratis bagi penyandang disabilitas yakni Transjakarta Cares yang telah dirilis pada Oktober tahun lalu.

"Kami juga memiliki 12 bus pink yang khusus untuk memenuhi kebutuhan para perempuan. Selain itu, kami juga memiliki program bus wisata yang memfasilitasi masyarakat untuk berkunjung ke museum maupun cagar budaya," paparnya.

 

Tag : transjakarta
Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top