Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Baznas Gandeng KUA Cilandak Bangun Minimarket Z-Mart

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) tengah memproses kerja sama dengan Kantor Urusan Agama (KUA) Cilandak, Jakarta Selatan untuk mengembangkan usaha minimarket Z-Mart.
Salah seorang pengelola gerai ritel Z-Mart binaan Baznas sedang melayani pembeli./Istimewa
Salah seorang pengelola gerai ritel Z-Mart binaan Baznas sedang melayani pembeli./Istimewa

Kabar24.com, JAKARTA-Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) tengah memproses kerja sama dengan Kantor Urusan Agama (KUA) Cilandak, Jakarta Selatan untuk mengembangkan usaha minimarket Z-Mart.

Rencana kerja sama tersebut dimatangkan lagi dalam satu forum di Kantor KUA Cilandak, baru-baru ini oleh para perwakilan dari Kementerian Kordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) dan Baznas.

Kepala KUA Cilandak, Khafsin, mengatakan keberadaan minimarket Z-Mart diharapkan dapat mendorong dan mengasah kreatifitas penyuluh, seperti membuat prakarya dan produk untuk meningkatkan ekonomi umat. 

“Para penyuluh agama di KUA merupakan ujung tombak Kementerian Agama dalam pelayanan umat yang harus terus mengasah kreatifitas dan inovasi dalam pemberdayaan umat,” katanya, Selasa (18/7/2017).

Dia dalam situs resmi Kementerian Agama (Kemenag) menjelaskan penyuluh agama di KUA Cilandak dikenal sudah banyak melakukan beragram inovasi program dakwah dan pemberdayaan umat seperti Dzurrotun Ghola.

Selain memberikan pembinaan agama, lanjutnya, Dzurrotun Ghola juga kerap mengajarkan keterampilan membuat keset, prakarya, kerajianan tangan multi guna pada warga-warga yang menjadi binaannya yang nanti bisa dipasarkan di Z-Mart.

Sementara itu Direktur Baznas, M Arifin Purwakananta, mengatakan pertemuan perwakilan Kemenko PMK, Baznas dan Kemenag sebagai tindak lanjut rencana ditetapkannya KUA Cilandak sebagai salah satu pilot project Z-Mart di Jakarta.

“Z-Mart merupakan minimarket yang dikembangkan Baznas dengan konsep pemberdayaan kalangan yang kurang mampu, baik bagi pedagangnya maupun pembelinya,” ujarnya. 

Dia menjelaskan alasan dipilihnya KUA Cilandak sebagai pilot project Z-Mart karena KUA Cilandak merupakan salah satu pengumpul zakat terbesar di Jakarta dan memiliki banyak penyuluh agama yang mampu melakukan pemberdayaan umat.

“Para penyuluh kreatif dan inovatif yang ada di KUA Cilandak dapat besentuhan langsung dengan masyarakat,” ujarnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nurudin Abdullah
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper