Reklamasi Teluk Jakarta, Begini Saran Sutiyoso untuk Anies-Sandi

Mantan Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso mengatakan agar penyelesaian isu reklamasi dapat diselesaikan dengan solusi yang adil bagi masyarakat dan pihak yang berkepentingan. Pasalnya, keputusan terkait kebijakan pemerintah provinsi terkait reklamasi akan berpengaruh signifikan dengan banyak faktor di DKI Jakarta khususnya iklim investasi.
Nirmala Aninda | 21 November 2017 15:37 WIB
Reklamasi Teluk Jakarta - Antara/Agus Suparto

Bisnis.com, JAKARTA  - Mantan Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso mengatakan agar penyelesaian isu reklamasi dapat diselesaikan dengan solusi yang adil bagi masyarakat dan pihak yang berkepentingan. Pasalnya, keputusan terkait kebijakan pemerintah provinsi terkait reklamasi akan berpengaruh signifikan dengan banyak faktor di DKI Jakarta khususnya iklim investasi.

Sutiyoso menyebut tanpa mengenyampingkan kepentingan dan wewenang Anies-Sandi untuk menjaga tata ruang di Ibu Kota, sudah seharusnya dibentuk suatu kebijakan yang merata.

"Jadi tadi sudah saya berikn saran, bagaimana mencari win-win solution yang paling penting adalah para nelayan ini terurus," ujar Sutiyoso usai menemui Wakil Gubernur Sandiaga Uno di Balai Kota, Selasa (21/11/2017).

Sutiyoso menegaskan dirinya hanya hadir sebagai senior untuk memberi masukan dan pandangannya terkait sejumlah isu di Jakarta terutama isu reklamasi.

"Ya nanti kan mereka, ini kan hanya masukan aja belum tentu mereka pakai, tetapi sebagai senior, punya pengalaman di sini tentu kita berikan [masukan]," ujarnya.

Mantan Kepala Badan Intelijen Negara ini juga menyampaikan pada masa dirinya menjabat sebagai gubernur, reklamasi bukanlah hal yang tabu selama pelaksanaannya mengikuti regulasi dan tidak menyebabkan kerugian lingkungan. Berbeda dengan kondisi reklamasi saat ini, yang menurutnya, berjalan secara intens tanpa dasar hukum sehingga berpeluang terjadi kecurangan.

Efeknya terhadap kondisi masyarakat dan lingkungan juga menjadi kekhawatiran mantan Gubernur yang menjabat selama dua periode tersebut.

"Sekarang, karena ini adalah gubernur baru menerima keadaan seperti itu, tetapi harus bisa ambil langkah yang paling bijaksana gitu," kata Sutiyoso.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Nasib Reklamasi Teluk Jakarta

Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top