Sampah di Teluk Jakarta Sudah Menahun, Pemprov DKI Kerahkan Alat Berat

Sampah di Teluk Jakarta Sudah Menahun, Pemprov DKI Kerahkan Alat Berat
Newswire | 15 April 2018 12:58 WIB
Tumpukan sampah di Teluk Jakarta, Kepulauan Seribu - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta menggelar kegiatan pembersihan sampah di kawasan pesisir pantai Cilincing, Jakarta Utara. Acara yang berlangsung pada Minggu, 15 April 2018, ini dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN).

“Di sini banyak sekali sampah-sampah yang sudah menahun, ada di dalam tanah," ujar Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Isnawa Adji di Cilincing, Jakarta Utara.

Menurut Isnawa, tumpukan sampah yang menahun tersebut memang agak sulit dibersihkan. Petugas Dinas Lingkungan Hidup sampai menggunakan alat berat dalam membantu pembersihan. "Tadi dikeruk, jadi memang campur tanah sama plastik-plastik gitu," katanya.

Isnawa Adji menjelaskan, acara pembersihan sampah ini dalam rangka memperingati HPSN dengan tema bersih perairan.

"Temanya hari ini adalah bersih perairan, jadi kami mengadakan kerja bakti bersih-bersih di Teluk Jakarta," ujarnya.

Kegiatan gerebek sampah berlangsung dari pukul 08.00 WIB hingga pukul 10.15 WIB. Ada sekitar 1.000 orang yang dilibatkan dalam acara ini. "Dari TNI, Polri, dari Dinas Lingkungan Hidup, Pramuka, dan komunitas-komunitas peduli sampah," tutur Isnawa.

Isnawa mengatakan HPSN tahun ini juga dalam rangka memperingati tragedi Leuwi Gajah. Tragedi tersebut merupakan tragedi longsornya sampah di TPU Leuwi Gajah, Bandung, Jawa Barat. "Yang di mana 143 orang terkubur," katanya.

Menurut Isnawa, program gerebek sampah ini bertujuan meningkatkan kepedulian terhadap sampah dari berbagai pihak. Sebab, kata dia, Indonesia sempat dapat predikat buruk sebagai negara nomor dua penyumbang mikro plastik setelah Cina. "Selain itu, sampah di lautan Jakarta terkenal banyak," ucapnya

Isnawa menjelaskan, kegiatan gerebek sampah sebetulnya merupakan acara rutin dari Dinas Lingkungan Hidup DKI. Selain itu, kata dia, gerebek sampah juga masuk program Tiga Bulan Bersih Sampah (TBBS).

"Kami mengoptimalkan pembersihan sampahbukan hanya seremonial, sekarang kita sudah bisa membuktikan Jakarta lebih baik dan lebih bersih lagi," ujarnya.

Sumber : Tempo

Tag : sampah dki
Editor : Andhika Anggoro Wening

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top