Anies: DKI Jakarta Siap Gelar Asian Games 2018

Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan siap menyelenggarakan event akbar Asian Games 2018 Agustus mendatang.
Feni Freycinetia Fitriani | 13 Mei 2018 11:58 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kedua kiri), Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (kedua kanan), dan dan Gubernur Sumatra Selatan Alex Noerdin (kanan) menghadiri rapat terbatas persiapan Asian Games XVIII di kantor Presiden, Jakarta, Selasa (6/3/2018). - ANTARA/Puspa Perwitasari

Bisnis.com, JAKARTA--Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan siap menyelenggarakan event akbar Asian Games 2018 Agustus mendatang.

“Alhamdulillah, sudah 99% dari semua persiapan [Asian Games] telah selesai, Insyaallah kami siap,” ujarnya seperti dikutip dalam siaran pers, Minggu (13/5/2018).

Kesiapan tersebut itu disampaikan Anies dan jajaran Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mendampingi Wakil Presiden RI Jusuf Kalla membuka 18th Asian Games 2018 Parade di Area Monas

Menurutnya, ada tiga komponen yang menjadi fokus Pemprov DKI Jakarta di antaranya penyelenggaraan, fasilitas, dan prestasi.

Pada aspek penyelenggaraan, misalnya, Pemprov DKI Jakarta juga telah mengerjakan titipan tugas dari Pemerintah Pusat.

"Misalnya menyiapkan equestrian, velodrome, lapangan BMX, dan juga menyiapkan tempat berlatih para atlet," imbuhnya.

Dia menambahkan bukan hanya persiapan fisik yang menjadi fokus Pemprov DKI Jakarta. Sebab, yang menjadi pekerjaan rumah lanjutan adalah menumbuhkan demam Asian Games di masyarakat agar event olahraga akbar ini dirasakan setiap lapisan masyarakat.

Karena itu, Anies telah menginstruksikan warga Jakarta agar siap menyambut para atlet yang akan berlaga di Ibu Kota.

“Di kampung-kampung akan dilakukan berbagai kegiatan, kita juga sudah siapkan warga sekitar Kemayoran untuk berinteraksi dengan para atlet yang tinggal wisma atlet,” paparnya.

Dia menilai interaksi itu penting karena akan membawa dampak pada ekonomi warga. Anies juga telah berkoordinasi dengan asosiasi pusat perbelanjaan agar ikut serta menyambut para atlet yang ingin mencari buah tangan produk dalam negeri.

“Ini kesempatan secara ekonomi, tiga minggu lalu saya bicara dengan asosiasi pusat perbelanjaan dan disitu disampaikan mereka siap menyambut atlet dan tim support Asian Games,” tambahnya.

Selain itu, dia juga telah memerintahkan PT Transjakarta guna memobilisasi warga yang ingin menyaksikan Asian Games secara langsung di venue.

“Transportasi umum juga sudah siap, Transjakarta akan menyiapkan kendaraan tambahan khusus warga yang ingin menyaksikan Asian Games, sehingga tidak perlu naik kendaraan pribadi untuk sampai sekitar venue,” ucapnya.

Tag : anies baswedan
Editor : Fajar Sidik

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top