Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Naik Kereta MRT Jakarta, Anies: "Smooth" Sekali

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akhirnya menjajal kereta Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta dari Depo Lebak Bulus menuju Bundaran Hotel Indonesia (HI).
Feni Freycinetia Fitriani
Feni Freycinetia Fitriani - Bisnis.com 23 Agustus 2018  |  13:21 WIB
Pekerja beraktivitas di proyek pembangunan Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta fase I, Senin (11/6/2018). - JIBI/Nurul Hidayat
Pekerja beraktivitas di proyek pembangunan Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta fase I, Senin (11/6/2018). - JIBI/Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA -- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akhirnya menjajal kereta Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta dari Depo Lebak Bulus menuju Bundaran Hotel Indonesia (HI).

Dia pun mengungkapkan pengalamannya selama menaiki kereta buatan pabrik Nippon Sharyo Jepang tersebut.

"Satu hal, di sini tidak terasa seperti naik kereta karena guncangannya sangat minim. Rasanya seperti naik eskalator berjalan. Kira-kira seperti itu," ujar Anies di peron Stasiun Bundaran HI, Kamis (23/8/2018).

Anies yang tinggal di kawasan Lebak Bulus menuturkan sensasi yang dia rasakan berbeda dengan kereta api pada umumnya. Jika biasanya ada guncangan di kereta api, maka hal tersebut tidak terjadi di kereta MRT Jakarta.

Dia menyatakan kereta MRT Jakarta benar-benar terasa nyaman dan aman. Anies bahkan mengatakan rasanya seperti bukan berada di Indonesia.

"Kalau naik kereta api beberapa detik kan ada apa, jedug-jedug apa itu namanya? Ini tidak ada guncangan, smooth sekali seperti naik eskalator berjalan," lanjutnya.

Direktur Utama PT MRT Jakarta William Sabandar menyatakan kereta yang diuji coba merupakan kereta buatan Jepang yang dikirim perdana ke Ibu Kota beberapa bulan lalu. Satu rangkaian kereta MRT Jakarta terdiri dari enam unit kereta (cars).

"Total kereta yang sudah sampai di Jakarta ada 6 rangkaian atau 36 unit kereta. Total pesanan kami ada 96 kereta yang terdiri dari 16 rangkaian," sebutnya.

Kereta-kereta tersebut akan sampai ke Jakarta sebelum operasional komersial MRT Jakarta dimulai pada Maret 2019.

MRT Jakarta menggelar System Acceptance Test (SAT) untuk semua kereta sejak Kamis (9/8). MRT Jakarta meneruskan SAT persinyalan yang menggunakan rangkaian kereta pertama MRT Jakarta pada Senin (20/8).

Hal tersebut dilakukan dengan area pengetesan dari Depok Lebak Bulus menuju Stasiun Bundaran HI melalui jalur up-track (rel menuju Stasiun Bundaran HI) dan kembali ke Depo Lebak Bulus juga melalui jalur up-track.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

mrt anies baswedan
Editor : Annisa Margrit

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top