Anies Umumkan Pemenang Kompetisi Logo Jak Lingko, Pengganti OK-Otrip

Pemprov DKI mengumumkan pemenang kompetisi desain logo program integrasi moda transportasi Ibu Kota, yaitu Jak Lingko.
Feni Freycinetia Fitriani | 09 November 2018 17:21 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan didampingi Direksi Transjakarta dan pemenang kompetisi logo Jak Lingko. Lomba desain logo ini dimenangkan oleh Melvin Santoso dan mendapat hadiah Rp100 juta - Bisnis.com/Feni Freycinetia

Bisnis.com, JAKARTA--Pemprov DKI mengumumkan pemenang kompetisi desain logo program integrasi moda transportasi Ibu Kota, yaitu Jak Lingko. 

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan peluncuran logo Jak Lingko memiliki dampak yang sangat besar bagi perkembangan transportasi publik di Jakarta. 

"Setelah mengikuti proses selama kurang lebih sebulan, dewan juri akhirnya memutuskan Melvin Santoso menjadi pemenang kompetisi Jak Lingko. Melvin ini asalnya dari Surabaya, bukan Jakarta," katanya di Balai Kota DKI, Jumat (9/11/2018). 

Dia menuturkan kompetisi tersebut dilaksanakan oleh PT Transjakarta bersama Asosiasi Desainer Grafis Indonesia (ADGI). Ada 126 peserta yang mengirimkan portofolio karya. 

Setelah itu, pemerintah dan dewan juri membagi menjadi dua tahap seleksi. Pada sesi pertama, karya yang masuk dikategorikan berdasarkan sejumlah aspek a.l. konsep, visibilitas, keunikan, aplikatif, fungsi, dan soliso. 

Kemudian, di tahap kedua, peserta diminta mempresentasikan hasil karya yang mereka buat dihadapan dewan juri.

"Brand Jak Lingko diluncurkan agar masyarakat bisa langsung tahu makna dan pesan. Jika melihat dan mendengar namanya, maka kita akan punya asosiasi terhadap transportasi publik di Jakarta," jelasnya. 

Melvin Santoso berhak mendapatkan hadiah berupa uang tunai senilai Rp100 juta dan kemitraan dengan Transjakarta untuk pengembangan desain sistem transportasi umum di DKI Jakarta. 

Sementara itu, Direktur Utama Transjakarta Agung Wicaksono menambahkan bahwa dengan inspirasi dari logo Jak Lingko ini, TransJakarta dan para operator angkutan darat akan menjadi bagian terintegrasi dalam melayani masyarakat bak jejaring yang menjangkau sebanyak mungkin warga.

Jak Lingko merupakan sistem integrasi transportasi umum di DKI Jakarta yang merupakan program berkesinambungan dari One Karcis One Trip (OK OTrip). Jak Lingko memiliki makna Jakarta dan Jejaring atau Integrasi.

Kata Lingko diambil dari sistem persawahan tanah adat di Manggarai, Nusa Tenggara Timur. Lingko berbentuk seperti jaring laba-laba yang terintegrasi.Kata Lingko adalah kosakata baru yang dimuat dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia pada akhir Oktober 2018. 

Tag : anies baswedan, OK Otrip, jak lingko
Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top