Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PKS Janji Hapus Pajak Motor Jika Menang Pilpres, DPRD DKI: Rasional Dong

PKS Janji Hapus Pajak Motor Jika Menang Pilpres, DPRD DKI: Rasional Dong

Bisnis.com, JAKARTA--Ketua Komisi C DPRD DKI Santoso mengkritik usul politikus PKS yang berjanji untuk menghapus pajak sepeda motor dan pemberlakukan Surat Izin Mengemudi (SIM) seumur hidup bila menang Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 mendatang.

"Enggak bener itu, mereka [PKS] pikir pakai jalan pembiayaan pembangunan dari mana? Ya salah satunya pajak kendaraan bermotor. Bikin kebijakan harus rasional dong," Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menjanjikan akan memperjuangkan rancangan undang-undang (RUU) tentang penghapusan pajak kendaraan jenis sepeda motor dan pemberlakuan Surat Izin Mengemudi (SIM) seumur hidup bila menang Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 mendatang.

Wakil Ketua Tim Pemenangan Pemilu PKS Almuzzammil Yusuf mengatakan perjuangan untuk meloloskan regulasi ini akan ditempuh pihaknya untuk mengurangi beban rakyat yang semakin berat.

"Untuk mengurangi beban rakyat yang semakin berat dengan kenaikan TDL dan harga pangan yang melambung, PKS memperjuangkan RUU Penghapusan Pajak Sepeda Motor dan Pemberlakuan SIM Seumur Hidup," kata Almuzzammil di Kantor DPP PKS, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Kamis (22/11).a motor dan mobil terhadap pendapatan asli daerah (PAD) DKI Jakarta sangat besar.

Berdasarkan catata Bisnis, target pajak kendaraan bermotor (sepeda motor dan mobil) yang ditetapkan tahun ini mencapai Rp8,35 triliun. Adapun, realisasinya hingga saat ini sudah berkisar Rp7,2 triliun.

Selain itu, pajak bea balik nama kendaraan bermotor (BBNKN) targetnya sebesar Rp5,1 triliun dengan capaian hingga saat ini Rp4,6 triliun.

"Kontribusi PAD dari pajak kendaraan bisa lebih dari Rp10 triliun. Kalau misalnya benar-benar dihilangkan l, mau dari mana pembangunan DKI? Nggak bisa dong, masa dihapus," jelasnya.

Sebelumnya, PKS menjanjikan akan memperjuangkan rancangan undang-undang (RUU) tentang penghapusan pajak kendaraan jenis sepeda motor dan pemberlakuan SIM seumur hidup bila menang Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 mendatang.

Hal itu disampaikan Wakil Ketua Tim Pemenangan Pemilu PKS Almuzzammil Yusuf mengatakan perjuangan untuk meloloskan regulasi ini akan ditempuh pihaknya untuk mengurangi beban rakyat yang semakin berat.

"Untuk mengurangi beban rakyat yang semakin berat dengan kenaikan TDL dan harga pangan yang melambung, PKS memperjuangkan RUU Penghapusan Pajak Sepeda Motor dan Pemberlakuan SIM Seumur Hidup," jelasnya Kamis (23/11/2018).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper