Harga Cabai Merah Besar Naik, PD Pasar Jaya Kebut Pasokan

Berdasarkan data infopangan.jakarta.go.id, harga cabe merah besar terpantau naik. Untuk menekan kenaikan harga PD Pasar Jaya memaksimalkan pasokan dari daerah dan mengeluarkan stok di Pasar Induk Kramat Jati.
Muhamad Wildan
Muhamad Wildan - Bisnis.com 17 Desember 2018  |  17:21 WIB
Harga Cabai Merah Besar Naik, PD Pasar Jaya Kebut Pasokan
Ilustrasi cabai - Reuters
Bisnis.com, JAKARTA–Harga rata-rata cabai merah besar di DKI Jakarta per 17 Desember 2018 terpantau naik dibandingkan dengan hari sebelumnya.
 
Di beberapa pasar seperti Pasar Mayestik, Pasar Petojo Ilir, Pasar Gondangdia, Pasar Rumput, dan Pasar Jembatan Lima harga cabai merah terpantau naik Rp5.000 dibandingkan dengan hari sebelumnya menjadi Rp35.000 hingga Rp50.000.
 
Kenaikan tertinggi harga cabai merah besar sebesar Rp12.000 terjadi di Pasar Senen Blok III-VI yang pada hari sebelumnya dijual seharga Rp28.000 pada Senin (17/12/2018) naik menjadi Rp40.000.
 
Berdasarkan pada data tersebut, Dirut PD Pasar Jaya Arief Nasrudin menerangkan kenaikan tersebut terjadi karena terlambatnya pasokan dari daerah yang terhalang oleh cuaca.
 
Asisten Asisten Manager Humas PD Pasar Jaya Amanda Gita Dinanjar juga menambahkan kenaikan harga cabai merah besar di DKI Jakarta disebabkan oleh mahalnya harga distribusi, karena cabe merah besar yang ada di DKI Jakarta kebanyakan dipasok dari Sulawesi.
 
Berdasarkan keterangan Amanda, cabai merah besar tidak menjadi prioritas PD Pasar Jaya karena cabai jenis tersebut banyak dikonsumsi oleh usaha hotel dan restoran. PD Pasar Jaya lebih berfokus untuk menekan harga cabai keriting dan cabe rawit yang merupakan kebutuhan masyarakat.
 
Untuk menekan kenaikan harga, Arief mengaku pihaknya sedang mengejar pasokan dari daerah dan mulai mengeluarkan stok cabai merah besar di mesin CAS Pasar Induk Kramat Jati.
 
Berdasarkan data dalam rapat antara Pemprov DKI Jakarta dengan Kementerian Perdagangan (Kemendag) pada Rabu (12/12/2018), kebutuhan harian cabai di DKI Jakarta mencapai 120 ton di hari normal dan naik menjadi 132 ton pada musim liburan Natal dan tahun baru.
 
Hingga saat ini, berdasarkan data yang diperoleh dari PD Pasar Jaya ditemukan bahwa per 17 Desember 2018 stok cabai yang ada di Pasar Induk Kramat Jati sebanyak 15 ton untuk cabai merah besar, 39 ton untuk cabe rawit merah, 45 ton untuk cabai merah keriting, dan 14 ton untuk cabai rawit hijau.
 
Apabila ditotal angka tersebut masih mencapai 113 ton, di bawah kebutuhan harian pada hari normal dan pada musim liburan Natal dan tahun baru.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
harga cabai

Editor : Andhika Anggoro Wening

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top