Kebakaran Kapal di Muara Baru Berhasil Dipadamkan Setelah 14 Jam

Kebakaran yang dialami belasan kapal sedang bersandar di pelabuhan itu terjadi sejak Sabtu sore hingga Minggu pagi, 23-24 Februari 2019.
Tempo.co
Tempo.co - Bisnis.com 24 Februari 2019  |  08:10 WIB
Kebakaran Kapal di Muara Baru Berhasil Dipadamkan Setelah 14 Jam
Sejumlah kapal nelayan terbakar di Pelabuhan Muara Baru, Jakarta, Sabtu (23/2/2019). Sedikitnya 18 kapal terbakar dalam insiden tersebut. - Antara/Hafidz Mubarak A

Bisnis.com, JAKARTA — Petugas akhirnya berhasil memadamkan kebakaran kapal di Muara Baru, Penjaringan, Jakarta Utara. Kebakaran yang dialami belasan kapal sedang bersandar di pelabuhan itu terjadi sejak Sabtu sore hingga Minggu pagi, 23-24 Februari 2019.

"Seluruh titik api baru berhasil dipadamkan Pukul 05.30 WIB," kata Kepala Seksi Sektor Suku Dinas Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Utara, Putut Jantoko, saat ditemui di Pelabuhan Muara Baru.

Kebakaran kapal nelayan tersebut mulai terjadi sekitar pukul 15.16 WIB. Petugas pemadam menerima laporan kebakaran dari Kepolisian Sektor Pelabuhan Muara Baru. Selang 30 menit, petugas mendengar suara ledakan.

Menurut Putut, total kapal nelayan yang terbakar sebanyak 18 unit. Awalnya, kata dia, timnya mencatat ada 20 kapal yang ludes terbakar. Namun, setelah diperiksa kembali dan dicocokkan dengan data kepolisian jumlahnya selisih dua unit. "Jumlah itu juga sudah kami pastikan setelah seluruh api padam di setiap kapal," ujarnya.

Kebakaran diduga disebabkan percikan las saat proses perbaikan satu kapal. Percikan api tersebut mengenai solar dan membakar kapal itu dan merambat ke kapal lain yang ada di sekitarnya. "Api cepat menjalar juga karena angin cukup kencang."

Kebakaran kapal di Muara Baru berhasil dipadamkan sepenuhnya setelah petugas menerjunkan 21 unit pemadam yang beranggotakan 115 petugas. Seluruh api dipastikan telah padam setelah petugas berjuang selama sekitar 14 jam.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
kebakaran

Editor : Miftahul Ulum

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top