Jakarta Banjir, Anies Siagakan Anak Buah dari Semalam

Anies mengatakan saat mendapat kabar Bendungan Katulampa di Bogor berstatus siaga 1, maka ia segera mengerahkan jajarannya untuk melakukan tindakan pencegahan.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 26 April 2019  |  14:19 WIB
Jakarta Banjir, Anies Siagakan Anak Buah dari Semalam
Sejumlah anak bermain air saat banjir melanda permukiman di kawasan Rawajati, Jakarta Selatan, Jum'at (26/4/2019). Banjir akibat curah hujan yang tinggi di kawasan Bogor itu mengakibatkan ratusan rumah di enam RT Kelurahan Rawajati terendam hingga mencapai ketinggian empat meter dan sejumlah warga diungsikan. ANTARA FOTO - Indrianto Eko Suwarso

Bisnis.com, JAKARTA – Pemprov DKI tengah siaga menghadapi banjir kiriman dari Bogor. Gubernur Anies Baswedan mengatakan sejak Kamis (25/4) malam pihaknya sudah siaga, di antaranya menempatkan jajarannya di sekitaran sungai yang berpotensi meluap.

Sejak Jumat (26/4/2019) pagi, kata Anies, wakil dan Wali Kota Jakarta Selatan sudah tidak di kantor, karena sedang bekerja di lapangan untuk siaga menghadapi banjir yang datang dari hulu sungai.

Seperti dilansir Tempo.co, Anies mengatakan saat mendapat kabar Bendungan Katulampa di Bogor berstatus siaga 1, maka ia segera mengerahkan jajarannya untuk melakukan tindakan pencegahan.

Namun, Anies tak menjelaskan pencegahan banjir seperti apa yang anak buahnya lakukan itu. “Kami sudah bergerak sepanjang malam, semua bersiaga di tepi sungai, tempat-tempat yang berpotensi terkena limpahan banjir kiriman ini,” kata Anies.

Warga terdampak banjir menyelamatkan barang miliknya saat banjir melanda permukiman di kawasan Rawajati, Jakarta Selatan, Jum'at (26/4/2019). Banjir akibat curah hujan yang tinggi di kawasan Bogor itu mengakibatkan ratusan rumah di enam RT Kelurahan Rawajati terendam hingga mencapai ketinggian empat meter dan sejumlah warga diungsikan. ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso

Bendung Katulampa berstatus siaga 1 pada Kamis malam. Pada Jumat pagi, sejumlah wilayah di bantaran Kali Ciliwung pun dilanda banjir.

Kepala UPT Pusat Data dan Informasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah DKI Jakarta M Ridwan mengatakan luapan air Kali Ciliwung akan melewati 13 wilayah, di antaranya Srengseng Sawah, Rawajati, Pengadegan, Cikoko, Pejaten Timur, Kebon Baru, Bukit Duri, Balekambang, Cililitan, Bidara Cina, Kampung Melayu dan Manggarai.

Di Kelurahan Cililitan, sebagian warga RT 01 RW 06 telah mengungsi di sepanjang Jalan Cililitan-Condet akibat banjir setinggi 2,5 sampai 3 meter yang merendam permukiman mereka sejak Jumat pagi, 26 April 2019 pukul 05.00 WIB.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
banjir

Sumber : Tempo.co

Editor : M. Taufikul Basari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top