Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

ITDP Apresiasi Pemanfaatan Ruang Publik pada Era Anies Baswedan

Institute for Transportation & Development Policy (ITDP) mengapresiasi langkah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menggelar perayaan Natal dengan christmas carol di ruang-ruang publik seperti Terowongan Kendal, Stasiun MRT dan trotoar Sudirman-Thamrin.
Kelompok paduan Christmas Carol tampil dalam perayaan Hari Natal secara terbuka di Jalur pedestrian kawasan Bunderan Hotel Indonesia, Jakarta/Antara
Kelompok paduan Christmas Carol tampil dalam perayaan Hari Natal secara terbuka di Jalur pedestrian kawasan Bunderan Hotel Indonesia, Jakarta/Antara

Bisnis.com, JAKARTA — Institute for Transportation & Development Policy (ITDP) mengapresiasi langkah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menggelar perayaan Natal dengan christmas carol di ruang-ruang publik seperti Terowongan Kendal, Stasiun MRT dan trotoar Sudirman-Thamrin.

"Pemanfaatan ruang publik ini adalah simbol dari pembangunan kota berbasis manusianya atau city for people," ungkap Manajer Komunikasi dan Partnership ITDP Indonesia Fani Rachmita ketika dikonfirmasi Bisnis, Kamis (26/29/2019).

Terutama, ITDP mengapresiasi pemanfaatan Thamrin 10, yang selama ini berfungsi sebagai park-and-ride di pusat kota yang mampu menampung hingga 286 kendaraan bermotor pribadi menjadi pusat kuliner ramah lingkungan.

Menurut Fani, konsep dasar penyediaan park-and-ride pada dasarnya untuk mempermudah akses ke titik transportasi publik, dengan memberikan fasilitas bagi pengguna kendaraan bermotor pribadi untuk parkir di titik transit terdekat.

Park-and-ride idealnya ditempatkan di pinggiran kota atau di area terluar kota karena bertujuan untuk mengurangi penggunaan kendaraan pribadi ketika mengakses pusat kota. Oleh sebab itu, pengubahan fungsi lahan Thamrin 10 sangat perlu dan tepat. 

"Sekilas, penyediaan park-and-ride merupakan sebuah solusi yang baik dan cukup mudah untuk meningkatkan aksesibilitas dan penggunaan transportasi publik. Namun ternyata, penyediaan fasilitas park-and-ride dapat menimbulkan sejumlah dampak terpendam tersendiri yang patut dicermati," jelasnya.

Di antaranya, munculnya penggunaan kendaraan pribadi ke fasilitas park-and-ride oleh orang-orang yang sebelumnya mengakses stasiun dengan transportasi publik lain, berjalan kaki, atau bersepeda.

Mendukung bertambahnya urban sprawl akibat mudahnya akses dengan kendaraan pribadi yang dapat menempuh jarak lebih jauh.

Bertambahnya jarak total yang ditempuh oleh kendaraan pribadi secara keseluruhan, "Hal ini disebabkan oleh bertambahnya jumlah perjalanan yang dilakukan oleh penduduk akibat lebih terjangkaunya biaya perjalanan, atau juga akibat poin 1 yang telah disebutkan sebelumnya," jelas Fani.

Terakhir, penggunaan area parkir di park-and-ride oleh non-pengguna stasiun transit. Fenomena ini terutama terjadi di lokasi-lokasi park-and-ride yang kurang tepat peletakannya, seperti di dekat pusat kota atau pusat kegiatan lainnya.

"Wacana pengalih fungsian Thamrin 10 sendiri sudah terdengar sejak bulan September 2019, yang diutarakan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang mengatakan lokasi parkir itu rencananya akan disulap menjadi pusat kuliner yang disebut dapat menggerakkan perekonomian masyarakat kecil," ungkap Fani.

ITDP Indonesia pun memantaunya hingga pada 18 Desember 2019, di area seluas 9,000 m2 tersebut mulai dibangun kios-kios tematik bernuansa putih dengan semarak lampu-lampu yang cantik. Meski belum terlihat produk-produk apa yang akan ditawarkan bagi pengunjung, sebuah spanduk di pagar memberikan informasi bahwa Thamrin 10 akan dimanfaatkan sebagai ruang pemasaran usaha mikro kecil ramah lingkungan.

"Tentunya ini menjadi kemenangan besar bagi warga Jakarta, satu lagi ruang yang awalnya diperuntukkan untuk kendaraan bermotor pribadi, kini didedikasikan sebagai ruang untuk manusia," tambahnya.

Menurut Fani, keputusan semacam ini patut diapresiasi dan dicontoh untuk daerah lainnya. Terlebih, membatasi gerak kendaraan bermotor merupakan suatu kebijakan radikal di tengah masyarakat dan pemerintahan yang pro-kendaraan bermotor pribadi.

"Pihak keamanan Thamrin 10 juga menegaskan, area parkir sudah ditutup sejak 2 bulan lalu dan ke depannya, Thamrin 10 tidak akan menyediakan ruang parkir untuk kendaraan bermotor pribadi. Dengan kemudahan akses menuju Thamrin 10, warga Jakarta memang sudah seharusnya tidak perlu pusing memikirkan parkir," ujar Fani.

ITDP menilai Transjakarta, MRT Jakarta dan KRL sudah siap mengantar warga Jakarta dan sekitarnya untuk menikmati ruang publik terbaru di Jakarta.

"Bus stop tepat di depan Thamrin 10 dan Hotel Sari Pan Pacific merupakan pemberhentian bus Transjakarta non-koridor seperti GR1, 1N dan 1P. Untuk bus koridor, warga Jakarta bisa turun di Halte Bank Indonesia atau Halte Sarinah dilanjutkan dengan berjalan kaki kurang dari 500m," jelasnya.

Meski begitu, menurut Fani ada beberapa catatan untuk mempertajam lagi upaya Anies di Thamrin 10 ini. Yaitu, perlu ada pembatasan layanan pengantaran makanan berbasis aplikasi (food delivery) yang menggunakan kendaraan bermotor di kawasan ini.

"Demi menghindari terciptanya kantung-kantung parkir baru di sekitar Thamrin 10. Kolaborasi dengan pengantaran makanan berbasis sepeda atau bike messenger seperti Westbike Messenger dan @kamiantarjkt bisa dilakukan untuk memperkuat konsep ramah lingkungan dan mencegah terciptanya area parkir baru di sekitar lokasi," ujarnya.

Selain itu, ITDP Indonesia mengamati saat berkunjung ke Thamrin 10, akses antar gedung sekitar seperti Sari Pan Pacific dan Bank Syariah Mandiri masih tertutup. Dengan dibukanya akses kedua gedung tersebut ke Thamrin 10, akan mempersingkat waktu perjalanan para pekerja kantoran di dua gedung tersebut dan sekitarnya.

Terakhir, beberapa area di dalam Thamrin 10 masih disediakan untuk parkir kendaraan bermotor. Hal ini sangat disayangkan, mengingat tujuan transformasi lahan ini untuk membatasi dan/atau mengurangi ruang kendaraan bermotor.

"Sekali lagi, upaya yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta ini sangat patut untuk diapresiasi, meski masih banyak potensi yang bisa dikembangkan dan evaluasi yang dapat diperbaiki," ungkap Fani.

"Harapannya, sederet kesuksesan penambahan ruang publik di Jakarta dengan menyingkirkan ruang untuk kendaraan pribadi seperti trotoar Sudirman-Thamrin, Pojok Budaya Dukuh Atas, Terowongan Kendal dan Thamrin 10 dapat menjadi motivasi lebih lagi untuk menciptakan ruang-ruang publik lainnya dengan konsep yang serupa. Demi terwujudnya Jakarta yang humanis dan lestari yang berpihak pada manusianya," tambahnya.

Pada akhirnya, ITDP mengungkap bahwa sejumlah data menyebutkan pengaruh positif penyediaan fasilitas park-and-ride fi tempat yang tepat terhadap kenaikan jumlah pengguna transportasi publik.

Sebagai contoh di Asia, sebuah studi di Bangkok pada tahun 2016 menunjukkan bahwa 74% pengguna transportasi publik dari Stasiun Krungthonburi dulunya menggunakan mobil pribadi untuk menempuh perjalanan berkomuter mereka sebelum disediakannya fasilitas park-and-ride. 

Studi lain Melbourne, Australia,menyebutkan bahwa 44% pengguna stasiun dengan fasilitas park-and-ride dulunya menggunakan kendaraan pribadi dari rumah ke pusat kota.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Aziz Rahardyan
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler