Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Transjakarta Wajibkan Pelanggan Tap In-Tap Out di Semua Bus GR dan Rute Wisata Mulai 1 Februari

PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) akan melakukan pemasangan Tap On Bus (TOB) pada seluruh rute bus GR dan bus wisata.
Feni Freycinetia Fitriani
Feni Freycinetia Fitriani - Bisnis.com 12 Januari 2020  |  18:01 WIB
Penumpang berada di dalam Bus Transjakarta - Antara/Muhammad Adimaja
Penumpang berada di dalam Bus Transjakarta - Antara/Muhammad Adimaja

Bisnis.com, JAKARTA--PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) akan melakukan pemasangan Tap On Bus (TOB) pada seluruh rute bus GR dan bus wisata.

Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Humas PT Transjakarta Nadia Diponsanjoyo mengatakan pemasangan ini dilakukan sebagai upaya mewujudkan cita-cita Jakarta sebagai smart city.

"Kebijakan baru ini akan diberlakukan mulai tanggal 1 Februari mendatang. Pelanggan yang akan menggunakan layanan tersebut wajib tap in dan tap out di dalam bus," ujarnya seperti dikutip dalam siaran pers, Minggu (12/1/2020).

Dia menuturkan proses tap in dan tap out perlu dilakukan pelanggan agar Transjakarta dapat merumuskan formula layanan baru atau berbagai penawaran lain yang sesuai dengan kesukaan pelanggan.

Contohnya adalah penggunaan kartu Jaklingko yang apabila dilakukan tap out pada saat naik mikrotrans, maka akan dapat menikmati potongan tarif lanjutan.

Meski wajib tap in dan tap out, dia memastikan saldo di dalam uang elektronik milik pelanggan tidak ada terpotong.

"Pelanggan bus GR dan rute wisata tetap dapat menikmati layanan ini secara gratis. Kami pastikan saldi tidak terdebit. Dengan demikian, petugas tidak perlu memberikan tiket sobek seperti biasanya," imbuhnya.

Untuk itu, Nadia meminta seluruh pelanggan untuk memiliki kartu pembayaran elektronik sebelum menggunakan kedua layanan tersebut. Pelanggan juga bisa menggunakan kartu yang dikeluarkan Pemprov DKI, yaitu kartu JakLingko.

Dengan satu kartu pelanggan bisa menikmati berbagai moda transportasi lainnya, misalya layanan Mikrotrans JakLingko, Transjakarta, dan MRT Jakarta.

Sebelumnya, Transjakarta telah melakukan pemasangan Tap On Bus (TOB) di seluruh rute Non-Bus Rapid Transit (BRT). Pemasangan ini selesai dikerjakan pada 10 Desember 2019 lalu. Dengan begitu, total sudah sebanyak 33 rute milik perseroan yang telah terpasang TOB.

Untuk meningkatkan budaya mandiri bertransportasi, Perseoran juga menerapkan sistem Wayfinding atau pengarah perjalanan. Adapun, sistem menggunakan suara di dalam bus yang menggunakan pengeras suara sebagai pengarah perjalanan. Selain itu, terdapat juga peta rute yang terletak di atas pintu bus dan petugas yang selalu siaga membantu pelanggan di halte-halte milik TransJakarta yang ada serta mewajibkan pelanggan untuk Tap in dan Tap Out.

Adapun rute GR dan Rute Wisata Mulai diberlakukan TOB pada tanggal 02 Februari 2020 sebagai berikut:

*Rute GR1. Bundaran Senayan – Harmoni*

*Rute GR2. Tanah Abang Explorer*

*Rute BW1. Wisata Sejarah Jakarta*

*Rute BW2. Wisata Jakarta Modern*

*Rute BW3. Wisata Kesenian dan Kuliner*

*Rute BW4. Wisata Pencakar Langit Jakarta*

*Rute BW5. Wisata Ruang Terbuka & Kalijodo*

*Rute BW6. Wisata Cagar Budaya Jakarta*

*Rute BW7. Wisata Belanja Jakarta*


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

transjakarta bus transjakarta
Editor : Rustam Agus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top