Pro-Kontra Penebangan Pohon, Tagar #4AniesHancurkanMonas Trending di Twitter

Netizen melayangkan protes terkait sikap Anies yang mengizinkan penebangan 190 pohon sebagai bagian dari kegiatan revitalisasi kawasan Medan Merdeka, khususnya di sisi Selatan Monas.
Feni Freycinetia Fitriani
Feni Freycinetia Fitriani - Bisnis.com 21 Januari 2020  |  15:36 WIB
Pro-Kontra Penebangan Pohon, Tagar #4AniesHancurkanMonas Trending di Twitter
Unggahan Instagram Bisniscom

Bisnis.com, JAKARTA – Kebijakan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kembali menuai pro-kontra di masyarakat, khususnya di dunia maya alias warganet.

Netizen melayangkan protes terkait sikap Anies yang mengizinkan penebangan 190 pohon sebagai bagian dari kegiatan revitalisasi kawasan Medan Merdeka, khususnya di sisi Selatan Monas.

Berdasarkan pantauan Bisnis, tagar #4niesHancurkanMonas menduduki peringkat atas atau trending topic di media sosial Twitter. Tagar tersebut berisi 19 ribu cuitan (twit) dari warganet.

Sebagian besar isi twit #4aniesHancurkanMonas berisi ungkapan rasa kecewa terhadap kebijakan Anies menebang hampir 200 pohon rindang di kawasan cagar budaya kebanggaan masyarakat Ibu Kota. Rencananya, lahan yang sudah dikosongkan tersebut akan dibangun  menjadi ruang terbuka publik yang juga berfungsi untuk menampung kegiatan pemerintahan, baik pusat maupun daerah.

“Penebangan 190 pohon untuk revitalisasi di Monas dinilai sebagai bentuk Pemprov DKI terhadap aturan sendiri: UU 26/007 tentang penataan ruang, Perda 1/2012 tentang RTRW DKI 2030, dan Perda 1/2014 tentang RDTR DKI,” tulis akun Twitter @AriestaRiico seperti dikutip Bisnis, Selasa (21/1/2020).

Selain mengungkapkan kekecewaan, beberapa netizen juga meminta Pemprov DKI transparan terhadap kinerja kontraktor pemenang lelang bertanggung jawab melakukan penebangan pohon tersebut.

“What?! Serious kayaknya perlu dicek apakah perusahaan pemenang tender penataan Monas bodong atau enggak,” tulis akun Twitter @Alea7101.

Polemik isu penebangan 190 pohon di Monas tidak hanya bergaung di Twitter, tetapi media sosial Instagram. Para pengguna Instagram memenuhi kolom komentar di akun resmi Bisnis Indonesia @bisniscom.

Lebih dari 300 pengguna menuliskan komentar dalam salah satu unggahan @bisniscom berjudul “Anies Tebang 190 Pohon di Monas Demi Formula E.” Postingan tersebut tercatat mendapat lebih dari 2.000 likes.

“Pasti semua udah direncanakan. Jadi aja belum udah diprotes,” tulis user Instagram @syafri_maulana.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
twitter, monas

Editor : M. Taufikul Basari
KOMENTAR


Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top