Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PSI Kritik Kantor Kontraktor Proyek Revitalisasi Monas Kurang Bonafide

Kepala Badan Pelayanan Pengadaan Barang dan Jasa (BPPBJ) DKI Jakarta Blessmiyanda membalas pernyataan politikus PSI yang tak yakin dengan kontraktor revitalisasi Monas lantaran lokasi kantornya tak meyakinkan.
JIBI
JIBI - Bisnis.com 22 Januari 2020  |  07:16 WIB
Anggota DPRD DKI dari Fraksi PSI Justin Adrian Untayana - Twitter@JustinPsi
Anggota DPRD DKI dari Fraksi PSI Justin Adrian Untayana - [email protected]

Bisnis.com, JAKARTA - Kepala Badan Pelayanan Pengadaan Barang dan Jasa (BPPBJ) DKI Jakarta Blessmiyanda membalas pernyataan politikus PSI yang tak yakin dengan kontraktor revitalisasi Monas lantaran lokasi kantornya tak meyakinkan.

Blessmiyanda mengatakan kontraktor yang bonafide tidak bisa diukur dari kantornya.

"Prinsipnya untuk penyedia yang bonafide tidak semata-mata memiliki gedung bagus tetapi juga memiliki kinerja bagus," kata Blessmiyanda saat dihubungi, Selasa (21/1/2020).

Menurutnya PT Bahana Prima Nusantara punya pengalaman membangun Masjid Raya Padang. Proyek tersebut pun ia klaim sudah diklarifikasi langsung oleh Pokja BPPBJ.

Selain itu, Blessmiyanda menyatakan pemilihan kontraktor sudah sesuai dengan undang-undang. Adapun kantor kontraktor, kata dia, tidak masuk di dalamnya.

 "Tidak semata-mata bonafidnya perusahaan dinilai dari punya kantor yang bagus. Sebab APBD adalah duit yang dipungut dari pajak untuk sebesar-besarnya kesejahteraan rakyat, perlu ada pemerataan dan kesempatan bagi UMKM untuk ikut tender pemerintah," kata dia.

Sebelumnya, PSI menyoroti perusahaan pemenang tender revitalisasi Monas tersebut. PSI menyebut alamat PT Bahana Prima Nusantara sangat tidak meyakinkan.

Hal tersebut diungkap oleh anggota DPRD DKI dari Fraksi PSI Justin Adrian.

"Saya enggak judging apa-apa ya, tapi saya bilang agak kurang meyakinkan dari alamat kontraktornya," ujar Justin saat dihubungi, Selasa 21 Januari 2020.

Justin menyebut berdasarkan laporan kader PSI di lapangan, alamat kontraktor yang berada di Jl. Nusa Indah No 33, Ciracas, Jakarta Timur tidak ada tanda-tanda keberadaan sebuah kantor atau gedung.

"Malah di situ adanya pabrik tahu," ujarnya.

Tempo menelusuri keberadaan kantor Bahana Prima di Ciracas.

Alamat PT. Bahana Prima Nusantara yang terletak di wilayah Ciracas, Jakarta Timur, merupakan alamat virtual office atau sering disebut co working space di percetakan Cahaya 33 Digital Printing.

Pengelola Virtual dan Sewa Kantor Cahaya 33, Sri Sudarti mengatakan, PT. Bahana Prima Nusantara telah menyewa kantor tersebut sejak 2014.

“Dia disini sewa, kalau kantor aslinya di Letjend Suprapto nomor 60, Jakarta Pusat,” kata Sri, Selasa 21 Januari 2020.

Sri mengatakan, alasan Bahana menyewa kantor itu karena terkait dengan aturan perizinan yang hanya membolehkan perusahaan berdiri di komplek perkantoran.

“Karena berhubungan dengan surat menyurat perijinan. Kan perkantoran itu harus ada di zona perkantoran. Kebetulan dia (Bahana) kantornya tidak di zona perkantoran sehingga dia sewa disini,” kata Sri.

 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

monas partai solidaritas indonesia

Sumber : Tempo.Co

Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top